Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Wakil Bupati Kapuas Kalimantan Tengah H Muhammad Nafiah Ibnor, mengingatkan kepada kepala satuan organisasi perangkat daerah setempat mengoptimalkan fungsi kehumasan agar kegiatan masing-masing instansi bisa dipublikasikan kepada masyarakat.

"Saya ingin semua perangkat daerah dapat menginformasikan kegiatan-kegiatan kepada masyarakat karena itu merupakan citra pemerintah daerah," kata Nafiah Ibnor di Kuala Kapuas, Rabu.

Orang nomor dua di Kabupaten Kapuas ini menilai peran Dinas Komunikasi dan Informatika pada pembangunan di daerah setempat sangat besar karena dinas tersebut sebagai corong informasi kepada masyarakat.

Citra pemerintah berada pada Dinas Komunikasi dan Informatika melalui banyak saluran media komunikasi diantaranya videotron, baliho, radio, dan televisi milik pemerintah daerah. 

Untuk itu, Nafiah Ibnor mengharapkan kepada seluruh perangkat daerah agar berperan aktif dalam pengelolaan data informasi dan mendokumentasikan data tersebut pada aplikasi yang telah disediakan Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai pengelola informasi.

Satuan organisasi perangkat daerah yang belum paham dalam pengelolaan informasi diminta segera secara langsung berkonsultasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Saya minta kepada Dinas Komunikasi dan Informatika agar dapat merekapitulasi organisasi perangkat daerah mana yang aktif dalam penyampaian informasi kegiatan-kegiatan pada perangkat daerah melalui pemberitaan dan organisasi perangkat daerah mana yang kurang aktif sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi untuk kedepannya," katanya.

Begitu juga dengan layanan LAPOR agar aduan-aduan yang masuk pada perangkat daerah harus segera ditindaklanjuti karena aspirasi dan aduan publik merupakan hak masyarakat.

Dia berharap bimbingan teknis yang telah dilaksanakan Selasa (19/11) lalu dapat memacu peran perangkat daerah dalam hal peningkatan pelayanan publik melalui PPID, LAPOR dan kehumasan sehingga pelayanan publik pada Kabupaten Kapuas akan lebih baik lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kapuas H Junaidi mengatakan, perangkat daerah yang aktif dalam berkontribusi pemberitaan pada Dinas Komunikasi dan Informatika sangat sedikit hanya sekitar lima perangkat daerah yang aktif.

"Melalui Bimtek Jurnalistik Kehumasan saya harapkan akan lebih banyak lagi perangkat daerah yang memaksimalkan fungsi layanan kehumasan pada organisasi perangkat daerah nya," demikian Junaidi.

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024