Kuala Pembuang (ANTARA) - Memasuki musim hujan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Mahdiniansyah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya.

"Hal itu bertujuan untuk mewaspadai dan menanggulangi ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD), mengingat saat ini curah hujan di berbagai wilayah sudah mulai meningkat," katanya di Kuala Pembuang, Senin.

Ia mengatakan, menjaga kebersihan lingkungan serta berperilaku hidup bersih dan sehat, merupakan upaya nyata mencegah penyebaran wabah penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk.

Untuk itu, masyarakat dituntut tetap waspada terhadap ancaman penyakit DBD, salah satunya dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup sehat.

Lanjutnya, dengan intensitas hujan yang cukup tinggi, akan mempermudah perkembangbiakkan jentik-jentik nyamuk yang membawa virus penyakit tersebut, sehingga pembersihan lingkungan perlu ditingkatkan.

"Lakukan program 3M, yakni menutup, menguras dan mengubur, baik sampah atau benda-benda yang ada di sekitar rumah yang berpotensi menyebabkan genangan air," ungkapnya.

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat/Noor
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024