Kuala Pembuang (ANTARA) - Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah diminta terus mendorong para nelayan maupun pembudidaya di wilayah setempat meningkatkan produksinya, dengan upaya memberikan pelatihan serta bantuan sarana prasarana perikanan.

“Seruyan termasuk daerah penghasil ikan yang cukup besar, sehingga perlu adanya perhatian khusus dari pemerintah daerah dalam pengembangannya," kata Wakil Ketua II DPRD Seruyan M Aswin di Kuala Pembuang, Jumat.

Apalagi melimpahnya hasil ikan di Seruyan, baik itu dari hasil tangkapan maupun budidaya, mampu diimbangi dengan pemasaran yang cukup baik. Pemasaran itu tak hanya di dalam daerah, bahkan juga ke luar daerah.

Seperti halnya nelayan di Kecamatan Danau Sembuluh, Danau Seluluk dan Seruyan Raya, produksi perikanannya selain didistribusikan ke pasar daerah, juga ke daerah lain seperti Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat, bahkan hingga ke luar provinsi.

“Kita harus bersyukur karena sumber daya alam di bidang perikanan sangat melimpah, untuk itu harusnya bisa dikelola dengan baik dan maksimal," ucapnya.

Aswin juga menyampaikan, melihat potensi tersebut dirinya menyarankan agar pemerintah kabupaten melalui Dinas Perikanan Seruyan, terus meningkatkan bantuan yang diberikan.

Bantuan itu diperuntukan bagi nelayan maupun pembudidaya ikan, baik berupa bantuan mesin dan perahu nelayan, hingga keramba ikan bibit, pakan, serta alat penangkap ikan.

Pemkab juga harus secara gencar memberikan penyuluhan kepada para nelayan dan pembudidaya ikan, agar mereka mengetahui bagaimana menangkap dan membudidayakan ikan dengan baik dan benar.

Ia menambahkan, untuk menyejahterakan para nelayan perlu adanya keaktifan dari pemkab, baik dari pemberian bantuan sarana dan prasarana perikanan maupun penyuluhan atau pelatihan yang berkaitan dengan perikanan.

“Dengan demikian kami harapkan bisa meningkatkan produksi perikanan di kabupaten yang berjulukan Bumi Gawi Hantantiring dan apabila produksi perikanan meningkat, maka masyarakat khususnya nelayan bisa sejahtera,” jelasnya.

Pewarta : Radianor
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024