Kuala Kurun (ANTARA) - Sebanyak 70 siswa dan siswi Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mengikuti seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka kabupaten itu, 12 – 13 Maret 2020.

Sekda Gumas Yansiterson, di Kuala Kurun, Kamis siang, mengingatkan kepada ke-70 siswa dan siswi tersebut agar tidak menyia-nyiakan kesempatan menjadi anggota Paskibraka dan mengikuti seleksi dengan penuh perhatian.

“Mereka ini terpilih dari ratusan siswa SMA sederajat yang ada di Kabupaten Gumas. Tidak banyak yang mendapat kesempatan seperti ini, jadi jangan disia-siakan,” ucap Yansiterson saat membuka seleksi calon anggota Paskibraka.

Menurut dia, pelaksanaan seleksi merupakan kawah candradimuka yang akan membentuk siswa dan siswi menjadi anggota Paskibraka yang berkualitas. Untuk itu, mereka diminta mempersiapkan fisik dan mental dengan baik.

Baca juga: DPMD Gumas dorong desa kenali potensi untuk dirikan BUMDes

Dari 70 calon anggota Paskibraka, nantinya yang akan dipilih 66 orang, dimana 62 orang akan menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Gumas sedangkan empat orang lagi akan dikirim untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat provinsi.

“Saya harap empat orang siswa dari Kabupaten Gumas nantinya dapat menjadi wakil Provinsi Kalteng untuk mengikuti seleksi tingkat nasional. Jadi saya minta kepada adik-adik agar mengikuti seleksi dengan sungguh-sungguh,” paparnya.

Ketua Panitia Pelaksanaan Seleksi Paskibraka Kabupaten Gumas Siren menerangkan bahwa tujuan pelaksanaan seleksi ini adalah untuk menghimpun dan membina calon anggota, agar menjadi siswa dan warga negawa yang beriman dan bertaqwa.

Baca juga: Legislator Gumas sampaikan tugas yang harus dijalani Pj kades

Disamping itu, sambung dia, tujuan lainnya adalah agar siswa dan siswi tersebut memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjadi pandu Ibu Pertiwi.

Selanjutnya membina watak, kemandirian dan profesionalisme, memelihara dan meningkatkan rasa persaudaraan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, mewujudkan kerjasama yang utuh, serta jiwa pengabdian kepada bangsa dan negara.

Kemudian untuk membina manusia Indonesia yang memiliki mental tangguh, cukup pengetahuan dan kemahiran teknis untuk dapat melaksanakan pekerjaannya, serta daya tahan fisik dan jasmani yang handal.

“Mereka yang terpilih ini berasal dari 18 SMA sederajat yang ada di Kabupaten Gumas. Pelaksanaan seleksi akan dilakukan selama dua hari, yakni 12 dan 13 Maret 2020, di Lapangan Isen Mulang Kuala Kurun,” jelas Siren.

Baca juga: Legislator Gumas dukung penuh semua program yang berpihak pada anak

Baca juga: Dinkes Gumas dan puskesmas sinergikan perencanaan kebutuhan obat

Baca juga: Sejumlah desa/kelurahan di Gumas tidak penuhi kuota PKD

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024