Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah tetap berupaya mengoptimalkan pelaksanaan pembangunan daerah meski di tengah situasi pandemi COVID-19.

"Pandemi COVID-19 tidak membatasi kita untuk lebih giat dan semangat lagi membangun Kotawaringin Timur," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Selasa.

Penegasan itu disampaikan Supian usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2021. Acara ini dihadiri Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rinie.

Musrenbang kali ini dilaksanakan secara online dipusatkan di ruang multimedia Dinas Komunikasi dan Informatika, sedangkan peserta berada di kantor masing-masing. Sejak COVID-19 mewabah, pemerintah daerah melaksanakan rapat dengan sistem online.

Supian mengakui, pandemi COVID-19 membawa dampak yang luas bagi masyarakat dan pembangunan daerah. Banyak program yang anggarannya ditunda, atau bahkan ditangguhkan karena pemerintah harus memprioritaskan anggaran penanganan COVID-19.

Namun anggaran untuk program-program penting, tetap menjadi prioritas. Begitu pula bidang kesehatan dan pendidikan, masih menjadi perhatian serius karena berkaitan langsung dengan masyarakat.

Supian meyakinkan bahwa pemerintah daerah tetap fokus menjalankan pembangunan meski kini juga harus mencurahkan perhatian untuk menangani pandemi COVID-19. 

Baca juga: Lima dokter dan 12 perawat dikarantina usai tangani pasien diduga terjangkit COVID-19

Musrenbang tetap dilaksanakan meski secara online karena menjadi tahapan penting dalam penyusunan program pembangunan pada 2021 nanti. Kegiatan ini juga menjadi acuan bagi pemerintah daerah dalam mengambil keputusan.

"Kami sangat berharap dukungan seluruh masyarakat agar wabah COVID-19 ini bisa segera berakhir sehingga bisa beraktivitas dengan normal dan pembangunan bisa berjalan dengan baik," harap Supian.

Sementara itu, Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rinie mendukung pelaksanaan Musrenbang karena merupakan bagian penting dalam penyusunan rencana pembangunan. Meski saat ini perhatian tertuju pada penanganan COVID-19, namun pembangunan harus tetap dilaksanakan dan berjalan dengan baik.

"Kami mengapresiasi sinergitas yang baik semua pihak selama ini. Mudah-mudahan wabah COVID-19 ini segera berakhir dan pembangunan kita tetap berjalan dengan baik sesuai harapan masyarakat," demikian Rinie.

Baca juga: Ketua DPRD Kotim meneteskan air mata terkenang Kartini

Baca juga: Tidak ada peningkatan kriminalitas menyertai pandemi COVID-19 di Kotim

Pewarta : Norjani
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024