Kuala Kapuas (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menyatakan, jumlah pencari kerja di daerah ini melonjak selama pandemi COVID-19 yang terjadi sejak Maret lalu.

“Tahun 2020 ini, sampai dengan 16 November kemarin, jumlah pencari kerja yang mendaftar di Disnaker Kapuas ini ada sejumlah 1.232 orang,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas, Raison, di Kuala Kapuas, Jumat.

Dikatakannya, banyaknya pencari kerja atau pencaker yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas pada tahun 2020 ini, salah satu akibatnya adalah dampak pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga saat ini. 

Pandemi virus mematikan ini menimbulkan dampak yang sangat luas, hampir di semua sektor. Perekonomian cukup terdampak sehingga banyak tempat usaha yang harus merumahkan karyawannya karena lesunya transaksi, bahkan tidak sedikit yang akhirnya tutup total.

Kondisi ini cukup memprihatinkan karena warga harus tetap bertahan dan mencari penghasilan agar bisa menghidupi keluarga mereka, padahal peluang untuk mencari kerja di suasana pandemi COVID-19 saat ini cukup sulit.

Untuk itulah, Dinas Tenaga Kerja Kapuas berupaya membantu para pencari kerja dengan melaksanakan beberapa program kegiatan pembinaan dan pemberdayaan bagi mereka berusaha secara mandiri. Caranya dengan melaksanakan pelatihan maupun pembekalan bagi pencari kerja di daerah setempat.

Salah satunya, pihaknya sudah melaksanakan kegiatan pembekalan kejuruan usaha kuliner, yakni pelatihan membuat roti atau kue berbagai jenis dan minuman dari sari buah nanas yang dikemas dalam botol plastik.

Kegiatan ini dilaksanakan, tambahnya, dengan harapan para pencari kerja tersebut bisa melanjutkan usaha secara mandiri dengan apa yang didapat dalam pelatihan yang diberikan tersebut.

“Dari 1.232 orang pencari kerja yang terdaftar tersebut, inilah kita memprioritaskan untuk mendapatkan informasi dan perluasan kesempatan kerja bagi mereka tersebut,” katanya.

Raison menyampaikan, bagi masyarakat atau pencari kerja yang belum terdaftar, diharapkan dapat segera mendaftarkan diri ke Kantor Dinas Tenaga Kerja jalan Pemuda Kota Kuala Kapuas. Dengan begitu mereka akan cepat mendapat informasi ketika ada lowongan pekerjaan atau kesempatan untuk bekerja.

“Untuk mendapatkan informasi lowongan pekerjaan, segera daftarkan diri ke Disnaker Kapuas. Dengan terdaftar, tentunya peluang bekerja ada,” demikian Raison.

Baca juga: Kadis Pertanian Kapuas tutup usia

Baca juga: Pemkab Kapuas gunakan angkot Dishub bantu masyarakat desa datang ke kota

Baca juga: Pemkab Kapuas segera salurkan BLT-APBD tahap III ke warga

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024