Kuala Pembuang (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir mengupayakan kualitas pendidikan di wilayah setempat bisa merata untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), sehingga dapat memajukan daerah.

“Peningkatan SDM merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan suatu daerah, karena daerah yang maju adalah yang memiliki SDM unggul dalam bidangnya masing-masing,” kata Yulhaidir di Kuala Pembuang, Sabtu.

Menurut dia, untuk meningkatkan SDM perlu adanya upaya pemerataan pendidikan. Jika ingin masyarakat yang memiliki daya saing dan unggul, maka sudah seharusnya kualitas pendidikan pun baik.

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini hal tersebut masih diupayakan Pemkab Seruyan, agar tingkat kualitas pendidikan di daerah tersebut bisa merata dan terus membaik di setiap kecamatan hingga desa.

"Saya juga sedang berupaya agar kualitas pendidikan yang ada di Seruyan bisa merata dan juga bisa lebih baik, sehingga mempunyai SDM yang unggul dan mampu bersaing dengan daerah lain,” ungkapnya.

Yulhaidir mengakui saat ini masih ada beberapa sekolah di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini yang masih memerlukan tambahan tenaga pengajar dan peningkatan fasilitas pendidikan, sehingga saat ini kekurangan tersebut juga menjadi fokusnya untuk rencana pembangunan kedepan.

"Masih banyak sekolah yang kekurangan tenaga guru ada juga yang fasilitas penunjang pendidikan, tapi hal tersebut akan kami benahi," ucapnya.

Orang nomor satu di Seruyan itu menambahkan, saat ini pihaknya akan selalu berupaya agar seluruh peserta didik di Seruyan bisa mendapatkan hak yang sama, sehingga di masa yang akan datang putra-putri daerah mampu berkontribusi maksimal dalam pembangunan.

"Generasi penerus ini adalah masa depan untuk Seruyan, jadi kita harus bisa memerhatikan dan memberikan hak mereka untuk bisa maju. Dalam hal ini memberikan pendidikan yang layak dan merata,” demikian Yulhaidir.

Pewarta : Radianor
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024