Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Eigh Manto menyambut baik rencana DPRD Kalteng dan pemerintah provinsi yang akan merevitalisasi sejumlah huma betang atau rumah adat di kabupaten itu.

“DPRD Kalteng bersama pemprov akan merevitalisasi tiga huma betang, dimana dua diantaranya berada di Gumas,” ucap Eigh Manto yang didampingi Kepala Bidang Pelestarian Cagar Budaya, Permuseuman dan Registrasi Data Yudi Darma di Kuala Kurun, Senin.

Dua huma betang di Gumas yang akan dilakukan revitalisasi adalah Betang Toyoi di Desa Tumbang Malahoi Kecamatan Rungan serta betang di Desa Tumbang Korik Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

Dia menyebut, anggaran revitalisasi masing-masing betang adalah senilai Rp1 miliar. Adanya rencana revitalisasi ini tentu sangat membantu Pemerintah Kabupaten Gumas, mengingat anggaran yang dimiliki pemkab juga terbatas.

Baca juga: Sekda Gunung Mas tekankan pentingnya penyusunan LPPD

Lebih lanjut, pada tahun-tahun sebelumnya Pemprov Kalteng telah melakukan beberapa renovasi terhadap Betang Toyoi. Sedangkan untuk betang di Tumbang Korik pemprov membantu pembangunan kamar kecil dan pagar.

Dia berharap ke depan DPRD Kalteng dan pemprov akan kembali membantu, dalam berbagai upaya pelestarian dan pemeliharaan aset budaya serta sejarah yang ada di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah menyebut pihaknya bersama pemprov, telah sepakat pada tahun 2021 akan melakukan revitalisasi terhadap tiga huma betang menggunakan dana aspirasi sebesar Rp3,5 miliar.

Baca juga: Legislator Gumas ingatkan program peningkatan ekonomi masyarakat harus prioritas

Ketiga Huma Betang yang akan dilakukan revitalisasi tersebut Betang Antang Kalang di Tumbang Gagu dan Betang Tumbang Malahoi serta Betang di Tumbang Korik. Anggaran revitalisasi di Tumbang Gagu senilai Rp1,5 miliar, Betang Tumbang Malahoi senilai Rp1 miliar, dan Betang di Tumbang Korik senilai Rp1 miliar.

Srikandi Partai Golongan Karya (Golkar) itu mengatakan anggaran untuk revitalisasi ataupun pembenahan tiga Betang yang berada di Kabupaten Kotawaringin Timur dan Gumas tersebut memang sudah sejak lama.

Dia mengatakan di mana anggaran tersebut sebelumnya diminta oleh pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, namun baru bisa diberikan tahun 2021 ini.

"Revitalisasi akan langsung dilaksanakan pada tahun 2021 ini, melalui oleh Disbudpar Kalteng, sehingga untuk pelaksanaan diyakini terealisasi sesuai dengan harapan," kata Nafsiah.

Baca juga: GDPK Gumas 2020-2035 jadi strategi untuk tingkatkan kesejahteraan penduduk

Baca juga: Kodim 1016 bentuk empat posko PPKM di Palangka Raya dan Gumas

Baca juga: Ratusan desa di Gumas sampaikan 1.600 usulan saat musrenbang kecamatan 2021

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024