Palangka Raya (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah terus berupaya membantu sekaligus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menegah di provinsi setempat, memiliki eksistensi dalam kancah perdagangan nasional hingga internasional.

Langkah yang kembali dilakukan yakni menggelar kembali showcase atau mempertunjukkan produk hasil dari berbagai UMKM binaan, kata Kepala Perwakilan BI Kalteng Rihando di Hotel Swissbell Danum Palangka Raya, Rabu.

"Showcase yang dilaksanakan dari 10 sampai 11 Maret 2021 di lobi Hotel Swissbell Danum Palangka Raya ini, juga rangkaian dari Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 seri 1 yang diselenggarakan BI di Lombok," tambahnya.

Adapun tujuan BI Kalteng menggelar showcase tersebut yakni, mendorong eksistensi UMKM lokal dalam kancah perdagangan nasional dan Internasional, wujud sinergi dalam mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI).

Selain itu, mendorong UMKM lokal go digital dengan mengunggah produk-produk UMKM ke dalam platform digital e-katalog, memperluas penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) ke pelaku UMKM,khususnya meningkatkan pengunaan QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM). 

"Melalui e-katalog dan pembayaran yang mudah menggunakan QRIS, masyarakat semakin mudah mendapatkan akses menjangkau produk UMKM di masing-masing daerah," kata Rihando.

Dalam pembukaan showcase tersebut, turut hadir Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, Kepala OJK Kalteng, Kepala Kementerian Agama Perwakilan Kalteng, beberapa Kepala SOPD Pemprov Kalteng, baik itu Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, asosiasi serta perwakilan Perbankan yang turut mendukung dan memberikan testimoni mengenai keunggulan UMKM di Kalimantan Tengah.

Baca juga: BI ingatkan kesinambungan pemulihan ekonomi di Kalteng perlu dijaga

Kepala Perwakilan BI Kalteng juga secara simbolis menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada UMKM Kalteng berupa, sarana prasarana pengembangan batik Tamiang Layang kepada Kelompok Batik Mawar Sharon, sarana prasarana pengembangan kerajinan rotan kepada Kelompok Duta Dare, dan sarana prasarana pengembangan makanan berbahan dasar ikan kepada
Kelompok PMEFS.

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, mengapresiasi langkah BI mendukung kesuksesan Gernas BBI melalui kegiatan KKI 2021 di seluruh Indonesia. Dia pun berharap KKI 2021 dapat memperluas Gernas BBI di masyarakat.

"Kami juga berharap BI semakin optimal mendorong kemajuan UMKM di Kalteng agar naik kelas dan berkembang, memanfaatkan peluang digitalisasi yang saat ini tengah tumbuh pesat, salah satunya melalui implementasi QRIS di tahun 2021," kata Fahrizal.

Baca juga: BI dorong Pemda se-Kalteng optimal serap belanja dan Social Safety Net

Baca juga: Kepala BI Kalteng akui media semakin banyak membantu selama COVID-19

Baca juga: BI telah lakukan berbagai program pulihkan ekonomi Kalteng

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024