Persani kirim perwakilan ke Parkour World Cup 2024 di Prancis

id persani,senam,Parkour World Cup 2024,prancis,indonesia

Persani kirim perwakilan ke Parkour World Cup 2024 di Prancis

Ketua Umum PB PERSANI Ita Yuliati (kedua kiri) berfoto dengan pelatih parkour Ramdani Murtadho (kiri) dan atlet parkour Luthfi Rahman Zuhdi (kanan) pada acara pelepasan perwakilan Indonesia untuk mengikuti Parkour World Cup 2024, di Jakarta, Senin (6/5/2024). ANTARA/HO-PB PERSANI/am.

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (PB Persani) mengirimkan perwakilan untuk mengikuti Parkour World Cup 2024 di Montpellier, Prancis, yang akan berlangsung pada 10-12 Mei mendatang.

Ketua Umum PB Persani Ita Yuliati mengatakan pihaknya mengirim atlet Lutfhi Rahman Zuhdi dan Ramdani Murthado sebagai pelatih ke Parkour World Cup 2024. Ini merupakan pertama kalinya Indonesia mengirimkan perwakilan ke ajang parkour terbesar di bawah bendera Fédération Internationale de Gymnastique (FIG).

“Ini adalah bentuk realisasi janji saya untuk mengirimkan peserta Indonesia bertalenta di Parkour Asian Tour 2023 Jakarta Series yang diseleksi langsung oleh Charles Perriere (founder Parkour). Tadinya kami ingin mengirim ke series selanjutnya di Thailand, tetapi Presiden FIG Morinari Watanabe menyarankan di World Cup saja, sehingga sekarang adalah momen yang tepat untuk mengirim perwakilan dari Indonesia dan peserta ASEAN pertama yang turun di World Cup tahun ini,” kata Ita pada pelepasan Tim Parkour Gymnastics Indonesia di Jakarta, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima pewarta di Jakarta, Senin.



Ita berharap, Lutfhi dan Ramdani dapat menikmati turnamen ini. Sebab, Parkour World Cup 2024 akan diikuti oleh peserta dari seluruh belahan dunia, sehingga partisipasi Luthfi dan Ramdani dapat membawa pulang pengalaman dan ilmu baru untuk parkour Indonesia.

“Rasakan pengalamannya. Jangan terbebani. Saya berharap pengalaman kalian dapat dibagikan kepada kita semua, terutama untuk teman-teman parkour di Indonesia. Ke depan kami juga berencana untuk menyelenggarakan Parkour Tour de Java karena kita sudah punya alat dan ini harus dimaksimalkan,” tutur Ita.

Sementara itu, Luthfi dan Ramdani menyampaikan rasa terima kasih kepada PB Persani atas kesempatan berharga itu. Mereka berkomitmen menjadikan kesempatan ini untuk mengharumkan nama Indonesia.

“Lumayan gugup karena ini menjadi pengalaman internasional pertama kami sebagai wakil Indonesia. Kami berterima kasih kepada Gymnastics Indonesia (PB Persani) yang telah memberikan kesempatan dan semoga amanah ini dapat kami laksanakan dengan baik untuk membawa nama Merah Putih di kancah dunia,” kata Luthfi yang rencananya akan bertanding di nomor speed putra.