Belasan Puskesmas di Gunung Mas fasilitasi senam bersama petugas pemilu

id Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Kabupaten Gunung Mas, gumas, kalteng

Belasan Puskesmas di Gunung Mas fasilitasi senam bersama petugas pemilu

Suasana senam bersama yang difasilitasi Puskesmas Kurun di halaman kantor Kecamatan Kurun, Jumat (2/2/2024). ANTARA/Chandra.

Kuala Kurun (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, melalui 17 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada di daerah setempat, memfasilitasi senam bersama petugas Pemilihan Umum Serentak 2024.

Sebanyak 17 puskesmas itu tersebar di 12 kecamatan yang ada di daerah setempat, kata Kepala Dinkes Gunung Mas Arnold melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Heriyanto di Kuala Kurun, Jumat.

"Senam bersama bertujuan untuk menjaga tubuh penyelenggara pemilu supaya tetap sehat dan bugar. Tubuh sehat dan bugar sangat penting mengingat tugas penyelenggara pemilu semakin padat, khususnya jelang hari H pemungutan suara," sambungnya.

Selain senam bersama, tenaga kesehatan puskesmas juga melakukan pemeriksaan kesehatan kepada petugas pemilu. Dengan adanya senam bersama dan pemeriksaan kesehatan, diharap petugas pemilu bisa menjaga kondisi kesehatan mereka.

"Senam bersama dan pemeriksaan kesehatan kepada petugas pemilu merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, melalui Dinkes dan Puskesmas, dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024," kata Heriyanto.

Terpisah, Kepala Puskesmas Kurun Vera Krista menyampaikan bahwa senam bersama dan pemeriksaan kesehatan  yang diselenggarakan oleh puskesmas tersebut dipusatkan di halaman kantor Kecamatan Kurun.

"Senam bersama dan pemeriksaan kesehatan dilakukan pada Jumat (2/2) dan rencananya Jumat (9/2) akan kembali dilakukan. Minggu depan juga akan dilakukan pembagian vitamin," papar Vera.

Baca juga: Pemkab Gumas gencarkan KIE demi peningkatan derajat kesehatan masyarakat

Lainnya, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kurun, Lodim menyambut baik sekaligus menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan senam bersama dan pemeriksaan kesehatan, yang difasilitasi oleh puskesmas.

Di Kecamatan Kurun terdapat tiga puskesmas yakni Puskesmas Kurun, Puskesmas Tampang Tumbang Anjir dan Puskesmas Tewang Pajangan. Lodim bersama para pemangku kepentingan lainnya mengikuti senam yang difasilitasi Puskesmas Kurun.

"Senam yang difasilitasi Puskesmas Kurun diikuti oleh jajaran PPK, Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan lainnya," demikian Lodim.

Baca juga: Bupati Gunung Mas minta kades dan Pj kades dengarkan aspirasi masyarakat

Baca juga: 2.820 kepala keluarga di Gunung Mas terima bantuan pangan

Baca juga: Wabup Gumas: Kick off PBJ pastikan pembangunan berjalan tepat waktu