2.820 kepala keluarga di Gunung Mas terima bantuan pangan

id pemkab gunung mas, bantuan pangan gunung mas, bupati gumas jaya s monong, cadangan beras pemerintah, kuala kurun, gumas, gunung mas

2.820 kepala keluarga di Gunung Mas terima bantuan pangan

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melepas angkutan penyalur bantuan pangan dari Kuala Kurun, Selasa (30/1/2024). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengatakan sebanyak 2.820 kepala keluarga di daerah setempat menerima bantuan pangan berupa beras dari pemerintah di tahun 2024.
 
Sebanyak 2.820 kepala keluarga Penerima Bantuan Pangan (PBP) tersebut tersebar di 12 kecamatan yang ada di Gunung Mas, ucapnya saat peluncuran penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) di Kuala Kurun, Selasa.
 
"Masing-masing PBP mendapat bantuan beras sebanyak 10 kilogram per bulan selama enam bulan. Bantuan diberikan dalam dua tahap, yakni tahap pertama untuk Januari, Februari dan Maret, serta tahap kedua April, Mei dan Juni," sambungnya.
 
Pemberian bantuan pangan bertujuan mengurangi beban pengeluaran PBP, sekaligus upaya mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi, menurunkan stunting, dan lainnya.
 
"Semoga bantuan pangan ini bermanfaat, dapat mengurangi beban pengeluaran, serta dapat mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi," ujarnya.

Baca juga: Wabup Gumas: Kick off PBJ pastikan pembangunan berjalan tepat waktu
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Gunung Mas, Eigh Manto menyampaikan bantuan diberikan kepada kepala keluarga, berdasarkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang dikelola Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).
 
Adapun sebaran 2.820 PBP tadi yakni 107 PBP di Kecamatan Damang Batu, 339 di Kahayan Hulu Utara, 141 di Kurun, 196 di Manuhing, 129 di Manuhing Raya.
 
Kemudian 144 PBP di Kecamatan Mihing Raya, 198 di Miri Manasa, 289 di Rungan, 351 di Rungan Barat, 288 di Rungan Hulu, 115 di Sepang, dan 523 di Tewah.
 
Lebih lanjut, penyaluran bantuan dilakukan oleh PT Pos Indonesia. Di Gunung Mas penyaluran dilakukan oleh PT Pos Kuala Kurun dan PT Pos Palangka Raya.
 
"Di Gunung Mas PT Pos Kuala Kurun menyalurkan di wilayah Kecamatan Kurun, Damang Batu, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Tewah. Penyaluran untuk Kecamatan Sepang, Mihing Raya, Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing dan Manuhing Raya dilakukan PT Pos Palangka Raya," demikian Eigh Manto.

Baca juga: Legislator dukung pengembangan bakat seni generasi muda Gumas

Baca juga: Pemkab Gumas bantu pemenuhan gizi warga cegah stunting

Baca juga: Wartawan dan ASN ikut berpartisipasi jadi KPPS di Gunung Mas