Kuala Pembuang (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto mengimbau sekaligus mengajak seluruh petani yang ada di wilayah setempat, agar pada saat musim tanam bisa dilakukan secara serentak, sehingga mampu mengatasi atau mengendalikan hama atau pemangsa tanaman tersebut.

"Kalau penanaman padi ini bisa serentak tentunya dapat mengurangi dari serangan hama  seperti tikus, burung, dan lain sebagainya, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan hasil pertanian," kata Bejo di Kuala Pembuang, Selasa.

Menurut Anggota DPRD Kabupaten Seruyan itu, dengan terkendalinya hama tanaman, tentu bisa mengurangi risiko gagal panen dan berpotensi untuk meningkatkan hasil produksi pertanian padi masyarakat yang ada di wilayah setempat.

Selain itu, lanjut dia, dengan adanya tanam padi secara serentak tersebut pastinya jika petani melakukan pemupukan ataupun penyemprotan, tentu sedikit banyak lahan disamping-sampingnya akan ikut terdampak.

"Jadi intinya menanam, pemupukan, pengendalian hama dan panen bersama, sehingga dengan demikian persoalan selama ini seperti serangan hama tersebut bisa diatasi," kata dia.

Baca juga: Jadi transportasi alternatif, Longboat harus diperbanyak di Seruyan

Wakil rakyat Kabupaten Seruyan itu juga meminta kepada instansi terkait, dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian setempat, agar bisa melakukan penyuluhan kepada para petani mengenai pengendalian hama tanaman tersebut, agar para petani bisa memahaminya.

"Bisa melalui penyuluh pertanian, sehingga yang jadi penekanan saya juga orang yang menjadi penyuluh pertanian ini betul-betul yang berkompeten dibidangnya. Sehingga bisa membantu permasalahan-permasalahan yang dialami oleh para petani kita," harapnya.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menambahkan bahwa untuk meningkatkan hasil pertanian di Seruyan perlu adanya dukungan dari Pemkab setempat seperti halnya memberikan bantuan bibit, pupuk dan lain sebagainya, sehingga petani akan lebih mudah dalam melakukan aktivitas tersebut.

Baca juga: Legislator Seruyan berikan saran cara atasi kekurangan tenaga medis

Baca juga: Waket DPRD Seruyan sarankan pengobatan gratis untuk lansia

Pewarta : Radianor
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024