Pangkalan Bun (ANTARA) - Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Ahmadi Riansyah menyatakan bahwa pihaknya akan terus bekerjasama dan berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional, mencegah sekaligus memberantas peredaran narkoba di kabupaten setempat.

"Pemkab bersama BNN terus merapatkan barisan melindungi generasi muda di wilayah ini bebas dan tidak menjadi sasaran narkoba," kata Ahmadi saat mengikuti puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2021 di kantor BNN Kobar, Senin.

Langkah itu dilakukan, lanjut dia, karena Kobar merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yang rawan peredaran narkoba. Kerawanan itu disebabkan posisi Kobar sangat strategis sekaligus memiliki jalur transportasi yang lengkap.

"Keterbukaan akses darat, laut dan udara di Kobar yang menjadikan daerah ini berpotensi besar terhadap peredaran narkoba. Ini harus yang harus dipahami semua lapisan di Kobar," kata Ahmadi.

Wabup Kobar itu menyebut, dalam waktu dekat Pemkab bersama BNN setempat akan membentuk Desa Bersinar, yaitu desa bersih dari narkoba. Dengan begitu, peredaran narkoba bisa dengan benar-benar diberantas hingga ke tingkat desa.

Baca juga: SIDA'KAM Kobar masuk nominasi Inovasi Pelayanan Publik Nasional

Dia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat di kabupaten setempat, agar bersatu dan bersama-sama dengan pemerintah maupun BNN memerangi peredaran narkoba.

"Kami mengajak masyarakat menjadikan peringatan HANI tahun 2021 momentum memperkuat kembali semangat dan kebersamaan memberantas narkoba," kata Ahmadi.

Kegiatan peringatan HANI yang dilaksanakan di kantor BNN Kobar dan dilaksanakan secara virtual tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Pada 2021 ini, tema peringatan HANI yakni War on Drugs yang berarti perang melawan narkoba di masa pandemi Covid-19 menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar).

Peringatan HANI dilakukan tiap tahun untuk memperkuat aksi dan kerja sama secara global, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkoba.

Baca juga: Coto Manggala Kobar jadi makanan terpopuler di tingkat nasional

Baca juga: Ajukan dua raperda, Bupati berharap DPRD Kobar segera membahas

Baca juga: Pemkab canangkan dua desa di Kobar percontohan Kampung Reforma Agraria

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung/Rls
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024