Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Komisi A DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Noorkhalis Ridha meminta Pemerintah Kota (Pemkot) setempat melalui instansi terkait, agar lebih mengoptimalkan sistem tata kelola Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Terlebih adalah Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Palangka Raya, telah meraih harapan satu dalam penyelenggaraan tata kelola manajemen ASN, sesuai dengan NSPK, maka dari itu hal tersebut bisa ditingkatkan," kata Ridha di Palangka Raya, Jumat.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Palangka Raya, agar tata kelola manajemen ASN bisa meningkat, maka diperlukan program dan inovasi dari BKPSDM kota setempat. Hal tersebut diperlukan untuk menghadapi event Badan Kepegawaian Negara (BKN) award.

"BKN award tersebut adalah salah satu ajang bergengsi, baik ditingkat pusat maupun daerah sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah setempat dalam hal sistem tata kelola ASN," ucapnya.

Ia mengungkapkan, pentingnya tata kelola ASN ini diperhatikan, tidak lain demi terselenggaranya Pemerintah Kota Palangka Raya yang baik dan optimal. Maka dari itu, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten, dengan manajemen ASN di pemkot setempat yang terhitung cukup banyak jumlahnya serta cukup beragam karakternya.

"Dengan mengoptimalkan manajemen atau sistem tata kelola ASN ini, setidaknya bisa membuat BKPSDM Kota setempat lebih optimal lagi dalam mengelola dan menyediakan data-data terkait ASN," ungkapnya.

Baca juga: JCH Palangka Raya berangkat ke Tanah Suci dalam dua kloter

Menurut Legislator Palangka Raya itu, selama ini tata kelola ASN di kota setempat sudah cukup baik. Hanya saja setiap tahunnya perlu ada peningkatan sistem, sebab sekarang juga sudah memasuki era digitalisasi.

Dia mengatakan, era digitalisasi tentunya sejumlah sistem kepegawaian di BKPSDM Kota, sudah tertata dengan baik sehingga kedepannya selain ada peningkatan sistem juga terus diperbaiki.

"Saran saya sistem yang sudah dilaksanakan dengan baik, harus dievaluasi sehingga apa saja yang menjadi kekurangan dapat dibenahi secepatnya," demikian Ridha.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya disarankan tiru program 'Smart City' Kota Bandung

Baca juga: Polresta Palangka Raya gencar bantu pencegahan penularan PMK

Baca juga: Legislator dorong Pemkot Palangka Raya semakin gencarkan promosi pariwisata

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024