Sampit (ANTARA) - Bazar UMKM Harati yang akan digelar di Stadion 29 November Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada 14 hingga 23 Juni nanti akan diramaikan oleh banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari luar daerah. 

"Peserta dari luar daerah sudah ada 15 pedagang yang ikut berpartisipasi di kegiatan Bazar UMKM Harati 2022. Kami bersyukur kegiatan ini disambut antusias," kata Ketua Panitia Bazar UMKM Harati, Rahmat Noor di Sampit, Kamis. 

Pria yang akrab disapa Rahmat Kotim ini menjelaskan, pihaknya menyiapkan 50 stan di lokasi Bazar UMKM Harati. Dia berharap semua stan akan terisi sehingga kegiatan diharapkan akan lebih ramai. 

Saat ini tercatat sudah ada 20 peserta dari Kotawaringin Timur sendiri dan 15 peserta dari luar daerah yakni Kota Palangka Raya dan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masih ada pelaku UMKM lainnya yang sudah menyatakan akan bergabung dalam kegiatan ini. 

Peserta merupakan pelaku UMKM di bidang kuliner, produk kerajinan dan produk lokal lainnya. Ada pula perusahaan otomotif yang akan ikut menjadi peserta, sekaligus meramaikan bazar tersebut. 

Baca juga: DPRD Kotim dukung audit perusahaan perkebunan

Masyarakat dan pelaku UMKM sangat antusias karena selama pandemi COVID-19, pemerintah membatasi kegiatan berskala besar seperti bazar dan lainnya. Kini penularan COVID-19 sudah melandai sehingga kegiatan besar sudah diperbolehkan. 

Rahmat berharap Bazar UMKM Harati akan menjadi momentum kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya pelaku UMKM di daerah ini. Ditingkatkannya promosi dan pemasaran melalui kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan sektor UMKM. 

Rahmat yang juga merupakan Ketua UMKM Harati ini menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Bupati Halikinnor yang mendukung penuh kegiatan ini. Harapannya, kegiatan serupa semakin sering digelar sehingga ekonomi kerakyatan di daerah ini semakin tumbuh, maju dan mandiri. 

"Pendaftaran masih kamu buka hingga menjelang kegiatan dimulai. Mudah-mudahan semua stan terisi. Bagus lagi kalau lebih banyak sehingga semakin ramai dan semakin banyak pilihan bagi masyarakat untuk berbelanja," ujar Rahmat. 

Rahmat mengajak masyarakat untuk datang berbelanja di Bazar UMKM Harati, sekaligus untuk turut membantu membangkitkan semangat para pelaku UMKM. Untuk menyemarakkan kegiatan, panitia menyediakan hiburan musik serta menyiapkan kupon berhadiah bagi pengunjung yang beruntung. 

Baca juga: Bupati Kotim apresiasi kelurahan optimalkan layanan online cegah pungli

Baca juga: Diskominfo Kotim usulkan pembangunan menara telekomunikasi diperkuat panel surya

Baca juga: Pemohon paspor meningkat 100 persen, Imigrasi Sampit pastikan layanan prima

Pewarta : Norjani
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024