Palangka Raya (ANTARA) -
Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah menggelar layanan vaksinasi COVID-19 melalui Kalteng Expo 2022 di Kota Palangka Raya untuk memacu realisasi target capaian dosis ketiga atau penguat di daerah setempat.

"Pelaksanaan layanan vaksinasi di posko kesehatan yang kami sediakan, khususnya untuk vaksinasi dosis kedua dan ketiga," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kalteng Riza Syahputra di Palangka Raya, Jumat.
 
Layanan vaksinasi pada Kalteng Expo ini, disambut antusias oleh masyarakat yang berkunjung. Selama dua hari berturut-turut, yakni pada 13 dan 14 Juli 2022, cukup banyak masyarakat yang mengikuti vaksinasi khususnya untuk dosis ketiga.
 
Dia menjelaskan pada Rabu (13/7) ada sekitar 90 orang yang memanfaatkan layanan vaksinasi. Vaksinasi tersebut didominasi untuk dosis ketiga dan hanya sebagian kecil untuk dosis kedua.

"Sedangkan kemarin (14/7), masyarakat yang mengikuti layanan vaksinasi mencapai hingga 100 orang dan semuanya merupakan dosis ketiga," jelasnya.

Pelayanan vaksinasi oleh Dinas Kesehatan ini rencananya diselenggarakan hingga hari ini pada agenda Kalteng Expo tersebut.

Baca juga: Pemprov DKI perbanyak bengkel uji emisi kendaraan bermotor

Diharapkan masyarakat yang masih belum menerima vaksin dosis kedua maupun ketiga, bisa memanfaatkan layanan yang disediakan tersebut.

Berdasarkan rekap data Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kalteng per 13 Juli 2022, vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 99,88 persen atau dua juta lebih warga, dosis kedua 84,31 persen atau 1,7 juta lebih warga, serta dosis ketiga 23,43 persen atau 477 ribu lebih warga.
 
Capaian vaksinasi ini, terdiri atas ragam sasaran mulai dari SDM kesehatan, pelayan publik, lansia, masyarakat umum dan rentan, remaja usia 12-18 tahun, serta anak-anak usia 6-11 tahun.
 
"Mengingat capaian untuk dosis pertama sudah hampir 100 persen, maka kami prioritaskan layanan vaksinasi ini untuk utamanya dosis ketiga dan melengkapi yakni dosis kedua," tuturnya.
 
Melalui upaya ini, pihaknya berharap kekebalan kelompok yang tercipta di masyarakat semakin maksimal dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Kalteng Expo jadi sarana tingkatkan promosi dan peluang investasi

Baca juga: Pemprov Kalteng salurkan Rp5,8 miliar bantuan keuangan 11 parpol

Baca juga: Wagub Kalteng: Idul Adha mengajarkan nilai kepatuhan dan keikhlasan

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024