Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong menyatakan bahwa pihaknya melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) akan memacu pelaksanaan penanganan ruas jalan Kelurahan Tewah Kecamatan Tewah menuju Kelurahan Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

"Terhadap ruas jalan Tewah – Tumbang Miri, melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) tahun anggaran 2022, ada penanganan pada segmen ruas jalan Desa Batu Nyiwuh Kecamatan Tewah – Desa Sei Riang Kecamatan Kahayan Hulu Utara," kata Jaya melaluin Wakil Bupati Efrensia LP Umbing, saat rapat paripurna di Kuala Kurun, Rabu.

Dikatakan, dana penanganan pada segmen ruas jalan Batu Nyiwuh - Sei Riang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler 2022. Sebab, saat ini penanganan segmen ruas jalan Batu Nyiwuh – Sei Riang sedang dalam pelaksanaan, oleh pihak penyedia jasa. Dia menegaskan bahwa DPU Gunung Mas akan memacu pelaksanaannya di lapangan.

"Pemkab Gunung Mas akan mengupayakan seluruh pihak, termasuk perusahaan besar swasta yang melintas di ruas jalan Tewah – Tumbang Miri, agar dapat duduk bersama dalam melakukan perbaikan ruas jalan tersebut," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Fraksi Nasdem-Hanura Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunung Mas, Evandi menyebut kondisi jalan Tewah-Tumbang Miri saat ini perlu perhatian, karena kondisinya rusak parah.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas tetap perhatikan penanganan jembatan

Wakil rakyat dari daerah pemilihan III yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu ini meminta pemkab agar mendesa pihak kontraktor segera memulai pekerjaan.

Sebab, sambung politisi partai Nasdem ini, berdasarkan pengamatan di lapangan tidak ada pekerjaan yang berarti yang dilakukan oleh kontraktor pelaksana, padahal kontrak pekerjaan telah dimulai sejak 9 Mei 2022.

"Untuk sebagian ruas jalan yang tidak tertangani oleh APBD, kami harap pemerintah daerah dapat meminta semua PBS yang melintas di ruas jalan tersebut agar ikut melakukan perbaikan, sesuai standar dari DPU," demikian Evandi.

Baca juga: Pemkab Gunung Mas serahkan bantuan keuangan kepada sembilan parpol

Baca juga: DPRD Gumas minta perubahan APBD prioritaskan perbaikan jembatan

Baca juga: FGKB DPRD Gumas ingin perubahan APBD prioritaskan sektor pendidikan

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024