Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto meminta kepada pemerintah kota setempat, agar terus dan lebih optimal kembangkan sektor pariwisata dan jasa sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Banyak keuntungan bagi daerah apabila pemkot bisa mengembangkan sektor pariwisata dan jasa di daerah setempat, salah satunya juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga setempat," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Pria yang hobi mengendarai sepeda motor gede (moge) itu menuturkan, sisi positif untuk daerah tentunya tidak hanya itu saja. Melainkan sektor pariwisata dan jasa itu juga menjadi andalan daerah, untuk menarik wisatawan asing yang berlibur ke ibu kota provinsi setempat.

"Saat ini memang sudah ada wisata yakni wisata susur sungai di Dermaga Kereng Bangkirai, namun wisata tersebut harus dipoles dengan baik lagi agar ada perubahan setiap tahunnya," katanya.

Dia menegaskan, sektor jasa juga harus digarap dengan baik misalnya sewa jasa kapal susur sungai dan tiket masuk ke lokasi wisata itu dikenakan biaya. Dari biaya tersebut lah pemerintah bisa mengambil berapa persen untuk pajak daerah, kemudian juga untuk jasa asuransi bagi pengunjung yang menikmati kapal susur sungai.

"Sehingga pengunjung dari mana saja ketika berwisata di lokasi tersebut dengan membayar tiket atau naik kapal susur sungai, merasa terlindungi karena diasuransikan dengan pungutan tiket yang dipungut," ungkap Sigit.

Baca juga: Maknai hari kemerdekaan dengan mengingat jasa para pejuang

Sigit yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kalteng itu menambahkan, apabila semua lokasi wisata di Palangka Raya benar-benar ditangani serius, dirinya yakin akan maju pesat dan memberikan penambahan untuk kas pemerintah daerah.

"Mari pemerintah dan pengelola lokasi wisata agar bisa memoles dengan baik lokasi wisata yang sudah dikelola saat ini. Maksudnya itu berikan hal baru di lokasi setempat, sehingga menjadi daya tarik masyarakat untuk datang ke lokasi itu," demikian Ketua DPRD Kota Palangka Raya yang akrab disapa SKY itu.

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya: Antisipasi kenaikan harga bahan pokok jelang Idul Adha

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya minta pemkot antisipasi masuknya Omicron BA.4 dan BA.5

Baca juga: Rapat paripurna DPRD Palangka Raya diharapkan mulai tatap muka

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024