Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah mendorong Unit Pelayanan Teknis (UPT) RSUD Mas Amsyar Kasongan untuk selalu memberikan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, anti diskriminasi dan efektif dengan mengutamakan kepentingan pasien sesuai standar pelayanan rumah sakit.

"UPT RSUD Mas Amsyar Kasongan merupakan fasilitas layanan kesehatan rujukan satu-satunya di Katingan karenanya dituntut memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat," kata Bupati Katingan Sakariyas diwakili Wakil Bupati Sunardi NT. Litang di Kasongan, Kamis.

Hal tersebut disampaikan dia saat membacakan sambutan tertulis Bupati Katingan pada acara pembukaan Simulasi Survei Akreditasi UPT RSUD Mas Amsyar Kasongan yang diselenggarakan selama dua hari mulai 22-23 September 2022.

Menurutnya pemerintah daerah sangat mendukung digelarnya acara simulasi survei akreditasi karena kegiatan itu merupakan salah satu upaya yang mesti dilakukan rumah sakit untuk mendapatkan sertifikasi akreditasi.

Sertifikasi akreditasi rumah sakit menjadi indikator penguatan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Rumah sakit pemegang sertifikasi akreditasi dinilai telah memenuhi standar yang telah ditetapkan serta mampu mempertahankan kepatuhan dalam memenuhi standar yang ada.

Baca juga: Jaringan internet serat optik di Katingan telah terpasang sepanjang 162 Km

Dia menjelaskan, RSUD Mas Amsyar Kasongan pernah melakukan survei akreditasi pada 2019 dengan sertifikat Madya. Dengan begitu kegiatan survei yang akan dilaksanakan setelah berakhirnya simulasi adalah bentuk kesinambungan proses akreditasi sesuai tata laksana survei akreditasi rumah sakit.

"Tentu saja bukan hanya nilai yang kita kejar tetapi bagaimana kegiatan dan prosesnya dapat mendorong UPT RSUD Mas Amsyar Kasongan selalu meningkatkan kualitas pelayanan," ucapnya.

Dia berharap seluruh jajaran UPT RSUD Mas Amsyar Kasongan segera melakukan perbaikan-perbaikan layanan sesuai dengan masukan yang diberikan oleh tim surveyor dari Darma Husada Paripurna, Herry Tjahjono dan Ambusully pada acara simulasi survei akreditasi tersebut.

Dengan demikian memperoleh sertifikasi penilaian yang lebih baik lagi dari tahun 2019 baik mutu pelayanan maupun peningkatan kinerja yang dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga terwujud pelayanan yang lebih berkualitas.

"Sehingga masyarakat dapat mempercayakan pelayanan kesehatannya kepada UPT RSUD Mas Amsyar Kasongan," demikian Sunardi NT. Litang.

Baca juga: Satlantas Polres Katingan gencar sosialisasikan keselamatan berlalu lintas

Baca juga: Pemkab Katingan segera tertibkan kendaraan angkutan melebihi tonase

Baca juga: Empat desa di Katingan berpotensi menjadi desa wisata

Pewarta : Fernando Rajagukguk
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024