Kuala Kurun (ANTARA) - Kapolres Gunung Mas, Kalimantan Tengah, AKBP Irwansah berharap pemerintah daerah bisa turut mendukung pelaksanaan Operasi Zebra yang akan dilaksanakan 3-16 Oktober 2022.

Salah satu bentuk dukungan yang dimaksud adalah dengan menyiapkan bus sekolah bagi para peserta didik, kata Irwansah saat upacara gelar pasukan Operasi Zebra di Kuala Kurun, Senin.

“Kami harap pemda bisa menyiapkan bus sekolah. Itu supaya anak-anak kita, terutama yang duduk di bangku SMP dan SMA, yang belum cukup umur untuk menggunakan kendaraan bermotor bisa difasilitasi,” sambungnya.

Dia menjelaskan, pada sektor lalu lintas, salah satu permasalahan yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ adalah anak di bawah umur yang mengemudikan kendaraan bermotor.

Biasanya anak di bawah umur, dalam hal ini peserta didik tingkat SMP dan SMA, mengemudikan kendaraan bermotor sebagai sarana transportasi, dari rumah menuju ke sekolah serta dari sekolah kembali ke rumah.

Baca juga: Legislator Gumas dorong masyarakat jadi panwaslu kecamatan

Oleh sebab itu, dia berharap Pemerintah Kabupaten Gunung Mas bisa menyiapkan bus sekolah sebagai sarana transportasi peserta didik SMP dan SMA, supaya peserta didik tersebut tidak mengemudikan kendaraan bermotor.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa pengemudi atau pengendara bermotor yang masih di bawah umur merupakan salah satu sasaran prioritas, pada pelaksanaan Operasi Zebra.

“Sasaran lainnya adalah pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan telepon seluler, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI).

Selanjutnya, pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang tidak menggunakan sabuk pengaman, dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol, melawan arus, serta melebihi batas kecepatan.

“Dengan penindakan sasaran pelanggaran lalu lintas tadi, diharap Operasi Zebra Telabang dapat menekan jumlah korban fatalitas kecelakaan lalu lintas, meminimalisir kemacetan, serta mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas,” demikian Irwansah.

Baca juga: Bawaslu Gunung Mas perpanjang masa pendaftaran Panwaslu kecamatan

Baca juga: Generasi muda Gumas diimbau aktif berpartisipasi dalam Pemilu 2024

Baca juga: Pemkab Gumas siapkan subsidi pengembangan cabai rawit


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024