Kasongan (ANTARA) -
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Katingan, Kalimantan Tengah, Hap Baperdo melalui Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Irwan mengharapkan Sekolah Adiwiyata dapat menciptakan warga sekolah khususnya peserta didik yang peduli dan berbudaya lingkungan.
 
"Sekolah Adiwiyata diharapkan juga mendukung dan mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki karakter bangsa yang peduli terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan lingkungannya dalam mencapai pembangunan berkelanjutan di daerahnya," kata Irwan saat dihubungi di Kasongan, Sabtu.
 
Dia menjelaskan Sekolah Adiwiyata mempunyai pengertian atau makna sebagai tempat yang ideal untuk memperoleh segala ilmu pengetahuan maupun berbagai norma dan etika, sehingga menjadi dasar menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan cita-cita pembangunan berkelanjutan.
 
Program Sekolah Adiwiyata bertujuan mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, melalui tata kelola sekolah yang baik. Kemudian dapat menciptakan kondisi yang baik sebagai tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah.
 
"Setidaknya keberadaan warga sekolah pada Sekolah Adiwiyata diharap dapat turut bertanggung jawab dalam upaya pelestarian lingkungan sekitar masing-masing," jelasnya.

Baca juga: Kasi Pidum Kejari Katingan kecelakaan di Palangka Raya
 
Sebelumnya Dinas Lingkungan Hidup Katingan telah menetapkan dan menyerahkan piagam penghargaan Sekolah Adiwiyata kabupaten tahun 2022 kepada enam sekolah.
 
Adapun enam sekolah penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Katingan 2022 adalah SMPN 1 Katingan Hilir, SDN 4 Kasongan Lama, SDN 5 Kasongan Lama, SDN 3 Telangkah, SDN 1 Kasongan Baru dan SDN 3 Kasongan Baru.
 
Keenam sekolah tersebut berdasarkan hasil penilaian dan verifikasi lapangan oleh tim penilai, telah memenuhi aspek dan persyaratan sebagai Sekolah Adiwiyata Katingan 2022. 
 
Kepada para pemenang diberikan uang pembinaan sebesar Rp10 juta dan penghargaan berupa plakat Adiwiyata maupun piagam Sekolah Adiwiyata yang ditandatangani oleh Bupati Katingan Sakariyas.
 
"Selanjutnya Sekolah Adiwiyata Katingan 2022 akan direkomendasikan untuk mengikuti seleksi Sekolah Adiwiyata di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah," demikian Irwan.

Baca juga: KPU tetapkan pemilih baru di Katingan bertambah 10.542 orang

Baca juga: Bawaslu Katingan lantik panwaslu kecamatan pada 29 Oktober

Baca juga: Pergantian direktur PDAM Katingan diharapkan tingkatkan pelayanan dan PAD

Pewarta : Fernando Rajagukguk
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024