Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Fairid Naparin memberikan beasiswa kepada 1.310 peserta didik melalui Dinas Pendidikan Kota setempat dari program Indonesia Pintar (PIP).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Jayani, mengatakan pemberian beasiswa tersebut dilaksanakan secara simbolis kepada peserta didik pada Senin (19/12/2022) disalah satu sekolah dasar (SD) yang berada di kota setempat.

"Jumlah peserta didik yang diusulkan menerima beasiswa PIP di jenjang SD awalnya  2.710 orang, namun setelah masuk nominasi hanya 1.310 orang saja yang dinyatakan dapat," katanya.

Dia menuturkan, dari 1.310 peserta didik tersebut, 845 peserta didik sudah melaksanakan aktivasi rekening. Sedangkan sebanyak 465 peserta didik belum melakukan aktivasi rekening.

Untuk anggaran keseluruhan penerima beasiswa PIP di 2022 sebesar Rp2 miliar lebih, dan dananya akan ditransfer ke masing-masing penerima beasiswa PIP tersebut.

Sebelumnya, Plt Asisten Administrasi Umum Harry Maihadi yang mewakili wali kota menyerahkan beasiswa dan bantuan 150 seragam olahraga kepada peserta didik mengharapkan, dengan adanya bantuan yang diberikan tentunya bisa meringankan beban orang tua wali peserta didik.

Kemudian uang beasiswa yang diberikan juga dapat dipergunakan dengan baik dan sesuai peruntukannya, atau dapat dibelanjakan keperluan sekolah. Jangan sampai uang tersebut malah dibelanjakan bukan dengan peruntukannya.

"Dinas Pendidikan yang menyalurkan beasiswa tersebut juga mengimbau kepada seluruh peserta yang belum melakukan aktivasi rekening di bank BRI segera melaksanakan, agar dana yang sudah ada akan segera dikirim ke rekening para peserta yang sudah dinyatakan menerima bantuan itu," ungkapnya.

Sekedar diketahui, untuk peserta didik yang menerima bantuan baju olahraga sekolah secara gratis itu totalnya sebanyak 150 peserta didik. Hal itu dilakukan pemerintah melalui Disdik Kota Palangka Raya, salah satunya untuk meringankan beban orang tua, apalagi kondisi harga barang saat ini terus mengalami kenaikan.

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024