Kuala Pembuang (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di wilayah setempat, salah satu dengan memastikan stok atau ketersedian blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E) tetap aman.

“Kita berupaya dalam memberikan pelayanan terbaik khususnya terkait dengan administrasi kependudukan kepada masyarakat Seruyan seperti yang sudah diarahkan Bupati Seruyan,” kata Kepala Disdukcapil Seruyan Domases Al Atak di Kuala Pembuang, Selasa.

Dia mengatakan, untuk stok blangko KTP-E yang pihaknya miliki masih aman hingga beberapa bulan ke depan. Hal ini dikarenakan pihaknya baru saja mendapatkan tambahan blangko KTP-E dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebanyak 4.000 keping.

“Jadi, untuk stok blangko KTP-E kita masih aman. Setidaknya untuk tiga bulan ke depan, karena kita mendapat tambahan blangko Dirjen Kemendagri,” jelasnya.

Baca juga: DKPP Seruyan maksimalkan sistem sewa Alsintan

Dia menyampaikan, ketersediaan blangko tersebut akan mendukung kelancaran proses pelayanan bagi masyarakat yang ada di Bumi Gawi Hantantiring ini, sehingga memudahkan pihaknya dalam melakukan pelayanan.

“Dengan adanya ketersediaan blangko, tentu kita bisa melayani masyarakat yang hendak melakukan perekaman atau penggantian e-KTP,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pelayanan jemput bola ke pelosok-pelosok sebagai salah satu upaya mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk), sehingga dengan begitu masyarakat yang berada jauh dari ibu kota kabupaten bisa terlayani dengan baik.

Selain itu, program jemput bola pelayanan adminduk ini juga dapat meminimalisir terjadinya calo, karena memang dilakukan langsung oleh petugas Disdukcapil Seruyan.

“Pelayanan jemput bola tersebut merupakan program Bupati Seruyan dan tidak dipungut biaya, artinya dengan program ini selain memudahkan masyarakat juga untuk meminimalisir terjadinya perbuatan calo,” tutupnya.

Baca juga: Pemkab Seruyan dan Melawi kerja sama mudahkan pelayanan kesehatan

Baca juga: DPRD minta Pemkab Seruyan renovasi Pustu Desa Jahitan

Baca juga: Musrenbangcam di Seruyan diharapkan mampu maksimalkan program pembangunan

Pewarta : Radianor
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024