Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja memberikan pelatihan berbasis kompetensi berkaitan komputerisasi kepada 48 anak muda.

Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Murung Raya, Kariadi  di Puruk Cahu, Senin, mengatakan dalam kegiatan pelatihan tersebut pihaknya menggandeng Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi, Jawa Barat.

"Karena dalam pelatihan ini nanti ada bahan pengajaran atau aplikasi yang tidak akan didapatkan dari lembaga pelatihan biasa," jelas Kariadi pada kegiatan pembukaan kegiatan yang dilaksanakan di Aula Setda Gedung B.

Menurut Kariadi peserta yang berjumlah 48 orang tersebut akan dilatih selama 33 hari di salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan di Kota Puruk Cahu, serta diberikan materi oleh tenaga-tenaga profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Untuk peserta pelatihan, awal pembukaan pendaftaran diikuti sebanyak 300 lebih orang pelamar, akan tetapi setelah dilakukan seleksi terpilihlah 48 orang peserta.

Sementara itu Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sarampang berharap, penyelenggaraan pelatihan itu dapat menyiapkan tenaga kerja yang kompeten, produktif, dan berdaya saing.

"Ini tidak lain untuk memberi kontribusi lebih besar dari pengembangan ekonomi, yang berbasis kebutuhan pasar kerja yang makin dinamis dan berkembang serta sesuai dengan potensi unggulan daerah, guna memberi kontribusi pada pengembangan sektor prioritas," katanya.

Baca juga: ICMI Murung Raya terus tingkatkan sinergi dengan berbagai organisasi

Pelatihan ini dinilai cukup prospektif bagi perkembangan ekonomi dan dunia usaha di Kabupaten Murung Raya. Seiring dengan perkembangan zaman, profesi ini memiliki prospek yang baik serta dapat menjadi peluang kerja lebih luas di masa kini.

Selain dapat menjadi tambahan kemampuan sebagai karyawan, para beserta yang memiliki kemampuan ini juga dapat membuka lapangan kerja sendiri.

Baca juga: Kepala sekolah di Murung Raya diminta tegas dan demokratis

Baca juga: Ansor-Banser Murung Raya dukung pemerintah jaga daerah tetap kondusif

Baca juga: Kuasa hukum anak AG sampaikan laporan pencabulan atas tersangka Mario Dandy

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng segera teruskan aspirasi dokter ke DPR RI
 

Pewarta : Supriadi
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024