Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor mengatakan, Gubernur Sugianto Sabran telah menyetujui Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII akan digelar di Sampit pada Juli nanti. 

"Saya sudah bertemu dengan Pak Gubernur untuk meminta kepastian pelaksanaan Porprov. Beliau katakan, laksanakan. Dan beliau setuju dilaksanakan Juli. Untuk tanggalnya, akan dibahas menyesuaikan jadwal pemerintah provinsi," kata Halikinnor di Sampit, Rabu. 

Kabar ini menjawab pertanyaan banyak pihak terkait kepastian pelaksanaan Porprov. Hal ini lantaran sebelumnya Porprov dijadwalkan dilaksanakan pada Juni 2023, namun ternyata molor. 

Halikinnor mengatakan, persiapan terus dilakukan dan dipastikan tuntas sebelum Porprov dimulai. Dia menegaskan Kotawaringin Timur siap menjadi tuan rumah melaksanakan Porprov dengan kondisi yang ada. 

Dia meminta Dinas Pemuda dan Olahraga bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan KONI provinsi terkait persiapan. 

Baca juga: Pemkab Kotim menang gugatan tanah Pasar Bina Karya

"Tadinya saya mau mengajak ketua KONI untuk bersama-sama menghadap Pak Gubernur untuk berkoordinasi kepastian tanggal pelaksanaan Porprov, tapi kemarin Asisten Provinsi menyampaikan mereka yang akan datang ke Sampit sekaligus rapat perdana persiapan," ujar Halikinnor didampingi Ketua KONI Kotawaringin Timur Ahyar Umar. 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kotawaringin Timur Wim RK Benung mengatakan, saat ini persiapan venue atau tempat pertandingan terus dilakukan. Secara umum persiapan sudah mencapai 80 persen. 

"Saat ini yang masih dalam penyelesaian adalah lintasan atletik di stadion dan pemasangan dinding panjat tebing. Kami optimis pertengahan Juni sudah selesai sehingga sudah siap digunakan saat Porprov Juli nanti," ujar Wim. 

Wim menjelaskan, ada 28 cabang olahraga dan satu cabang ekshibisi yang akan dipertandingkan pada Porprov XII nanti. Saat ini masing-masing cabang olahraga terus memantapkan persiapan atlet mereka. 

Seperti disampaikan Bupati Halikinnor dalam berbagai kesempatan, Kotawaringin Timur memasang target ganda pada Porprov XII. Selain ingin sukses menjadi tuan rumah, Kotawaringin Timur juga ingin sukses menjadi juara umum pada Porprov XII. 

Baca juga: DPRD Kotim optimistis pengembangan Bandara Haji Asan terwujud

Baca juga: Pemkab Kotim sewa pesawat antar jemput JCH ke embarkasi

Baca juga: Perpanjangan landasan pacu Bandara Sampit direalisasikan 2024

Pewarta : Norjani
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024