Kuala Kurun (ANTARA) - Sebanyak 12 Tim Penggerak PKK tingkat kecamatan yang ada di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, mengikuti lomba kreasi pangan lokal beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) tingkat kabupaten.

Ketua TP PKK Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S Monong saat membuka kegiatan di Kuala Kurun, Kamis, mengatakan, lomba ini dilakukan dalam rangka menggali potensi pangan lokal B2SA, yang diolah menjadi menu keluarga yang berkualitas.

“Saya harap lomba ini nantinya memunculkan ide-ide kreatif ibu-ibu PKK, dalam mengolah pangan lokal non beras dan non terigu, sebagai sumber karbohidrat untuk menu keluarga,” sambungnya.

Lomba ini juga sekaligus mensosialisasikan sumber karbohidrat tidak hanya berasal dari beras dan terigu, tetapi ada juga sumber karbohidrat lain seperti ubi jalar, ubi ungu, uwi ungu, jagung, ganyong dan lainnya.

Diapun berharap nantinya TP PKK kecamatan bisa mensosialisasikan gerakan mengonsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman, kepada TP PKK desa/kelurahan serta masyarakat di wilayah masing-masing.

Lebih lanjut, Mimie menerangkan lomba kreasi pangan lokal B2SA dilaksanakan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) bekerja sama dengan TP PKK Gunung Mas.  

“Saya menyambut baik kerja sama yang terjalin antara DPKP dan TP PKK, dalam melaksanakan berbagai program seperti yang kita laksanakan pada saat ini,” tuturnya.

Baca juga: Ketua DAD Gunung Mas: Jaga marwah dengan tidak melakukan hal negatif

Sementara itu, Kepala DPKP Gunung Mas Eigh Manto melalui Sekretaris Kristening menyampaikan, pelaksanaan lomba bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya konsumsi pangan B2SA.

Selain itu meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA, mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2Sa berbasis sumber daya lokal.

Sebagai juara 1 lomba yakni TP PKK Kecamatan Rungan Hulu, juara 2 TP PKK Kurun, juara 3 TP PKK Tewah. Lalu juara harapan 1 TP PKK Sepang, harapan 2 TP PKK Damang Batu, dan harapan 3 TP PKK Rungan Barat.

Juara kategori favorit adalah TP PKK Kecamatan Manuhing, juara kategori menu seimbang TP PKK Kahayan Hulu Utara, juara kategori menu aplikatif keluarga TP PKK Miri Manasa, juara kategori penampilan dan penyajian menu adalah TP PKK Mihing Raya.

Selanjutnya juara kategori menu aplikatif boga TP PKK Rungan, juara kategori pengembangan resep TP PKK Manuhing Raya, dan juara kategori favorit snack olahan pangan lokal TP PKK Manuhing Raya.

Baca juga: Bupati ajak masyarakat Gumas gelorakan kembali semangat gotong royong

Baca juga: Mentan dan Wagub tinjau wilayah Gunung Mas terkait upaya pengembangan food estate

Baca juga: Sempat vakum 10 tahun, Gumas kembali gelar Kejurda Grasstrack

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024