Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya H.M Hasan Busyairi berharap, Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK) bisa mengembangkan kemampuan, tidak hanya menguasai memadamkan kebakaran, tapi bisa juga me-rescue atau mengevakuasi sesuatu yang diperlukan masyarakat. 

“TSAK bisa bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan atau instansi teknis, untuk belajar tentang ilmu rescue," ujarnya, Sabtu. 

Hasan Busyairi juga mendorong masing-masing kelurahan untuk bisa membentuk unit rescue atau unit penyelamatan.

Apalagi saat ini tidak sedikit masyarakat yang membutuhkan bantuan. Seperti misalnya mengevakuasi satwa liar yang memasuki rumah. 

Ia pun berterima kasih kepada relawan yang memiliki unit rescue. Seperti relawan pemadam kebakaran Pandulima dan Emergency Response Palangka Raya (ERP). 

“Itu bisa dijadikan contoh," ujarnya.
 
Dia menambahkan, unit rescue di Palangka Raya masih terbatas. Selain, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, lainnya ada ERP dan Pandulima. 

Oleh sebab itu, ia mendorong kelurahan membentuk unit resuce. Sehingga, semakin banyak yang membantu masyarakat di kala ada satwa liar memasuki rumah.

Pewarta : Maria Rosari Dwi Putri
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024