Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Barito Utara Muhlis mengatakan MTQ Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) VII tingkat Provinsi Kalimantan Tengah merupakan sebuah kesempatan bagi kafilah untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai Al Quran.

"Pengembangan dan pemahaman pengalaman nilai Al Quran ini berdasarkan kaidah–kaidah ke islaman yang bernuansa global multikultural," kata Muhlis usai pembukaan MTQ Korpri tingkat Kalteng di Palangka Raya, Senin.

Menurut Muhlis, MTQ (Korpri) ini merupakan forum meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan seluruh anggota Korpri. 

Dia berpesan kepada kafilah Bumi Iya Mulik Bengkang Turan agar tetap menjaga sportifitas dan saling menghargai antar kafilah kabupaten/kota se- Kalteng dan tunjukan rasa kebersamaan agar tercipta iklim yang kondusif untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Pj Bupati Muhlis pada kesempatan itu juga menyampaikan pesan agar selalu ingat bahwa kalian adalah perwakilan Kabupaten Barito Utara. 

“Oleh sebab itu jagalah nama baik Kabupaten Barito Utara. Berikan dan tunjukkan yang terbaik di atas panggung maupun di luar panggung perlombaan,” kata Muhlis.

Selain itu juga, kata Muhlis, jalin dan peliharalah kerukunan, kebersamaan serta tali persaudaraan antar umat beragama dan diantara sesama kontingen peserta kalifah MTQ Korpri.

"Kepada Ketua Kafilah dan official dan kafilah agar benar-benar melaksanakan amanah yang mulia ini, dibarengi dengan semangat yang tinggi serta dijiwai dengan niat ibadah, dalam arti mengajak kita semua untuk mencintai, memahami dan mengamalkan isi yang terkandung dalam Al Quran,” jelas dia.

Ketua Umum Panitia MTQ VII Korpri Provinsi Kalteng 2023 Sriswanto mengatakan bahwa kegiatan MTQ VII Korpri tahun ini berlangsung mulai 8-13 Oktober 2023 di Kota Palangka Raya. 

"Jumlah peserta yang mengikuti adalah sebanyak 15 kafillah yang terdiri dari 14 kabupaten kota dan ditambah 1 kafilah dari Provinsi Kalteng,: kata Sriwanto.

Baca juga: Pemkab Barut bimtek implementasi pengawasan perizinan berusaha berbasis risiko

Gubernur Kalteng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Edy Pratowo menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Kalteng mengucapkan terima kasih sekaligus rasa bangga dan berbahagia karena kita semua mampu menciptakan rasa kebersamaan kekeluargaan dan keharmonisan di kalangan ASN/PNS yang tergabung dalam Korpri.

"Saya berharap momentum MTQ VII Korpri tingkat provinsi ini mampu menggambarkan dan wujudkan sinergitas ASN/PNS sebagai abdi negara dan abdi masyarakat yang siap melayani dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara demi keadilan kemakmuran dan keharmonisan rakyat khususnya di Kalteng," kata Wagub Edy Pratowo.

Baca juga: Pj Bupati Barito Utara tutup turnamen Futsal PWI DAS Barito

Baca juga: Ketua DPRD Barut apresiasi Kodim sunatan massal

Baca juga: Pj Bupati: Pemkab Barut siap bersinergi dengan TNI kawal Pemilu 2024

Pewarta : Kasriadi
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024