Sampit (ANTARA) - Bupati Simalungun Provinsi Sumatera Utara Radiapoh Hasiholan Sinaga memuji prestasi yang telah dicapai Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah yang menurutnya bisa patut dicontoh oleh daerah yang dipimpinnya. 

"Tidak salah Kotawaringin Timur ini jadi tujuan kunjungan kerja kami betul-betul bisa menjadi perbandingan dan contoh. Banyak prestasi yang dicapai daerah ini dan itu bisa kami tiru terobosan-terobosannya," kata Radiapoh saat silaturahim dengan Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor dan jajarannya di Sampit, Jumat. 

Radiapoh datang bersama sejumlah kepala organisasi perangkat daerah Kabupaten Simalungun. Rombongan diterima di aula rumah jabatan Bupati Kotawaringin Timur. 

Menurut Radiapoh, pihaknya tidak sembarangan dalam memilih Kotawaringin Timur menjadi tempat kunjungan kerja. Semua didasarkan atas prestasi-prestasi yang dicapai Kotawaringin Timur yang nantinya diharapkan bisa menjadi pelajaran dan ditiru untuk ditetapkan di Simalungun. 

Secara geografis, Simalungun dan Kotawaringin Timur memiliki kesamaan, khususnya potensi pertanian dan perikanannya. Untuk itu, dia yakin banyak hal positif yang bisa ditiru dari Kotawaringin Timur. 

Radiapoh dengan lancar menyebutkan informasi yang didapatnya tentang beberapa capaian Kotawaringin Timur yang menurutnya merupakan prestasi yang patut ditiru. Ini akan menjadi perhatian bagi pihaknya dalam menggali informasi. 

Beberapa capaian itu seperti predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sembilan kali berturut-turut yang telah dicapai Kotawaringin Timur. Ini tentu akan menjadi pelajaran sangat berharga dalam pembenahan pengelolaan keuangan bagi Simalungun yang sudah belasan tahun tidak mendapatkan opini WTP tersebut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

Baca juga: Hujan belum mampu padamkan kebakaran di lahan gambut tebal

Kotawaringin Timur saat ini juga masuk dalam delapan besar daerah dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) secara nasional. Saat ini sedang dilakukan penilaian dan bukan mustahil menjadi yang terbaik. 

Kotawaringin Timur juga memiliki RSUD dr Murjani Sampit yang telah memperoleh akreditasi tertinggi yaitu Paripurna. Ini juga menjadi perbandingan yang sangat baik bagi Pemkab Simalungun dalam pengembangan rumah sakitnya. 

Selain itu, Kotawaringin Timur juga termasuk dalam 50 daerah yang ditetapkan menjadi Smart City atau Kota Cerdas. Selanjutnya, Kotawaringin Timur juga meraih predikat sebagai Kabupaten Layak Anak. 

Menurut Radiapoh, capaian-capaian itulah yang membuat pihaknya ingin meminta banyak informasi dan masukan dari Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Jajarannya akan langsung datang ke organisasi perangkat daerah untuk berdiskusi secara teknis. 

"Kami sangat berterima kasih karena telah diterima dengan sangat baik dan luar biasa. Kami juga menjajaki peluang kerja sama kedua daerah, misalnya dalam hal pertanian, perikanan dan lainnya. Semoga ini membawa manfaat bersama," harap Radiapoh. 

Bupati Halikinnor berterima kasih karena Kotawaringin Timur dipilih menjadi tujuan kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Simalungun. Pihaknya pun dengan senang hati berbagi informasi terkait banyak hal demi kemajuan bersama. 

"Sebenarnya ini saling bertukar informasi saja. Kami juga perlu belajar banyak dengan Pemkab Simalungun karena banyak prestasinya. Seperti dalam hal penanganan stunting, Pemkab Simalungun sukses dan meraih penghargaan. Kami berharap dapat ilmu terkait masalah ini karena Kotawaringin Timur sedang berupaya keras terus menekan angka stunting," ujar Halikinnor. 

Halikinnor menyambut baik kunjungan kerja ini. Pihaknya juga membuka diri dan siap bekerja sama jika ada potensi yang bisa mengikat kedua daerah untuk tujuan saling menguntungkan demi kemajuan daerah dan masyarakat. 

Baca juga: KPPN Sampit beri 21 penghargaan instansi berkinerja terbaik

Baca juga: Kinerja pelaksanaan APBN wilayah kerja KPPN Sampit terus meningkat

Baca juga: Bea Cukai Sampit tingkatkan kolaborasi cegah kerugian negara

Pewarta : Norjani
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024