Sukamara (ANTARA) -
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah Rendi Lesmana mengatakan, Gebyar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang diselenggarakan selama empat hari dinilai mampu meningkatkan geliat ekonomi masyarakat.
 
“Geliat ekonomi pada saat Gebyar UMKM ini sangat sigfikan dibandingkan dengan Sukamara Expo beberapa bulan lalu. Dimana rata-rata pendapatan setiap pelaku usaha mampu meningkat sebanyak tigal kali lebih besar,” katanya di Sukamara, Senin.
 
Dia menjelaskan Sukmara Expo yang digelar selama tujuh hari dengan jumlah 100 lapak mendapatkan rata-rata penghasilan pelaku usaha setiap malamnya kisaran Rp600 ribu, sehingga total selama tujuh hari mendapat total sekitar Rp420 juta.
 
“Bila kita bandingkan rata-rata hasil pelaku usaha ketika Gebyar UMKM saat ini yang diikuti 210 lapak mencapai Rp1,5 juta setiap malamnya dengan pelaksanaan selama empat hari, maka total keseluruhan mendapatkan hasil yang cukup tinggi yakni sekitar Rp1,2 miliar,” terangnya.

Baca juga: Dishanpang Kalteng gelar pasar murah pada Peda KTNA di Sukamara
 
Tentunya, dengan melihat antusiasme masyarakat pada Gebyar UMKM yang dilaksanakan di Bundaran Pahlawan, maka direncanakan kegiatan serupa dilakukan kembali pada tahun berikutnya.
 
“Kita lakukan pembahasan singkat dengan unsur DPRD bahwa ini layak dilaksanakan pada 2024. Kemudian, akan menambah berbagai kegiatan pada saat pelaksanaannya nanti sehingga semakin meriah,” ujarnya.
 
Selanjutnya, kepada para pelaku UMKM, dia minta agar terus berkarya dan berinovasi. Pemkab Sukamara terus berusaha membuka ruang, sehingga semangat para pelaku UMKM tetap terjaga, menumbuhkan kreativitas dan daya saing, pemasaran dan produksi semakin meningkat.
 
“Antusiasme masyarakat Sukamara begitu besar terhadap kegiatan ini. Masyarakat juga menyambut baik acara ini sebagai media informasi, komunikasi, promosi dan edukasi tentang hasil–hasil atau produk-produk UMKM," jelasnya.

Baca juga: Pj Bupati Sukamara: Gebyar UMKM ajang tingkatkan ekonomi masyarakat

Baca juga: Pemkab Sukamara-Muhammadiyah jajaki kerja sama pengembangan pendidikan

Baca juga: Generasi muda di Sukamara diminta miliki semangat juang

Pewarta : Donefrid Lalang
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024