Palangka Raya (ANTARA) - Badan Pusat Statistik Kalimantan Tengah menetapkan salah seorang pewarta Perum LKBN Antara biro Kalteng atas nama Jaya Wirawana Manurung sebagai juara ke dua lomba berita statistik, yang diselenggarakan pada saat workshop wartawan bertajuk 'Pers dan Literasi Data Statistik, Mencatat Pertanian Indonesia," Rabu (6/12/2023).

Adapun juara pertama lomba menulis itu adalah Andrian selaku wartawan Intimnews.com dan juara ketiga Testi Priscilla dari Borneonews.com, kata Kepala Bagian Umum BPS Provinsi Kalteng, Maria Wahyu Utami usai menyerahkan hadiah kepada tiga penulis terbaik di Palangka Raya, kemarin.

"Peserta yang ikut lomba menulis ini ada 30 orang dari berbagai media di Kalteng. Untuk juri lomba menulis ini, kami menghadirkan Retno Sulistyowati yang merupakan wartawan ekonomi senior sekaligus editor di Tempo," bebernya.

Menurut informasi dari dewan juri, lanjut dia, semua tulisan para wartawan yang ikut dalam lomba tersebut, sebenarnya sama-sama bagus. Hanya saja, ada beberapa yang belum memenuhi kriteria, kalah di nilai serta lainnya. Untuk itu, bagi yang belum terpilih menjadi juara, tidak perlu berkecil hati dan terus semangat mengasah diri.

Baca juga: Pernik Natal semakin marak dijual di Palangka Raya

"Kami mengucapkan selamat kepada tiga pemenang tadi. Yang lain bukan berarti tidak bagus, tetapi mungkin tidak sesuai dengan persyaratan. Bagi yang belum menang mungkin bukan kategorinya saja jadi jangan patah semangat," kata Maria Utami.

Sebelumnya, Kepala BPS Kalteng Eko Marsoro berharap kepada para wartawan yang ada di provinsi ini, agar dapat membantu mempublikasikan dan menyampaikan data survei yang telah dilakukan pihaknya, secara baik dan benar.  Hal itu sebagai upaya mengantisipasi terjadinya misinterpretasi atau salah tafsir di kalangan masyarakat.

"Semua data hasil dari survei yang telah diterbitkan BPS, memerlukan kehati-hatian dalam membaca. Itulah kenapa kami mengharapkan bantuan dan dukungan dari wartawan dalam menyampaikan data statistik secara benar," demikian Eko.

Baca juga: Polda Kalteng ajak masyarakat jaga kamtibmas jelang Pemilu 2024

Baca juga: Disdik Palangka Raya minta guru pinggiran tetap waspada saat bertugas

Baca juga: 134 siswa di Palangka Raya terima bantuan sosial pendidikan

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024