Muara Teweh (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muhlis bersama unsur FKPD dan pejabat lainnya melaksanakan penanaman pohon pada sekitar bantaran sungai Jembatan Butong di Jalan Panglima Batur dan Jalan Sengaji Hulu Muara Teweh.

"Penanaman pohon di bantaran sungai di tempat kita ini diharapkan akan selalu bertambah area hijau, sehingga akan semakin sejuk dan pada penanaman pohon di pinggir sungai guna menanggulangi akan terjadinya longsor," kata Muhlis di Muara Teweh, Kamis. 

Kegiatan ini akan terus dilaksanakan berlanjut sehingga dapat menciptakan Muara Teweh ini sebagai Kota BARITO (Bersih, Aman, Rapi Indah, Tertib dan Optimal) sehingga terwujudlah masyarakat yang sehat sesuai harapan bersama.

Pada kesempatan itu Pj Bupati Barito Utara juga mengharapkan kepada semua warga masyarakat di daerah ini tetap hati-hati dan selalu waspada terhadap kemungkinan akan banjir dan mendatangkan sampah yang terbilang banyak dari hulu ke hilir serta akan tertahan di bantaran sungai yang ada saat memasuki musim penghujan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang kita untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan,” katanya.

Menurut dia, sebelumnya pada Selasa (5/12) juga telah dilaksanakan kegiatan pembersihan alur Sungai Bengaris (anak Sungai Barito) yang banyak timbunan sampah.

Di mana, kata Muhlis, kegiatan pembersihan alur Sungai Bengaris tersebut juga melibatkan TNI dalam hal ini Kodim 1013 Muara Teweh, Polri, BPBD, Damkar, Satpol P, Dinas PUPR dan instansi terkait lainnya.

Baca juga: Pj Bupati Barut ajak KNPI pelopori gerakan membangun daerah

"Di samping sampah yang terbawa arus juga ada yang disebabkan oleh sebagian perilaku masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan tidak pada tempatnya," katanya. 

Dia mengatakan , sampah yang ada di pasar juga diharapkan dapat dibuang pada tempatnya di tempat pembuangan sampah (TPS) atau di tempat pembuangan akhir (TPA), dan jangan sampai sampah-sampah pasar dibuang ke sungai sehingga akan mengakibatkan pencemaran lingkungan yang akan menimbulkan penyakit.

Baca juga: Ketua DPRD Barut meminta warga tidak membuang sampah di sungai

Baca juga: Pj Bupati Barut minta masyarakat jangan buang sampah di sungai

Baca juga: Pemkab Barut minta semua pihak ikut mengendalikan perubahan iklim

Pewarta : Kasriadi
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024