Sampit (ANTARA) - Mal Pelayanan Publik (MPP) Habaring Hurung Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah genap berusia satu tahun per 7 Januari 2024 dan telah berhasil membuktikan eksistensinya melalui sejumlah penghargaan yang diraih. 

“Tepat satu tahun yang lalu Pemkab Kotim bersama dengan Wakil Gubernur Kalteng meresmikan MPP Habaring Hurung. Dalam setahun MPP ini terus berinovasi dan melakukan perbaikan, dibuktikan dengan diraihnya penghargaan nasional,” kata Bupati Kotim Halikinnor dalam pidato yang dibacakan Wakil Bupati Kotim Irawati di Sampit, Minggu.

Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) pertama MPP Habaring Hurung, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kotim menggelar acara syukuran yang dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Kotim, Ketua DPRD Kotim, dan jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Meski terbilang baru, MPP Habaring Hurung telah berhasil meraih penghargaan tingkat nasional. Prestasi itu antara lain Peringkat III dalam Anugerah layanan investasi 2023 dan Terbaik I dalam Anugerah investasi bahari tahun 2023 tingkat nasional wilayah tengah. 

MPP Habaring Hurung juga terpilih sebagai pilot project MPP digital pertama dari 12 MPP se-Indonesia oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). 

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas kinerja dan pelayanan yang diberikan oleh semua yang bergabung di MPP Habaring Hurung, karena telah melayani masyarakat dengan baik dan profesional,” lanjutnya. 

MPP Habaring Hurung merupakan tempat berlangsungnya kegiatan atau aktivitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa maupun pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu, baik pusat maupun daerah, serta BUMN/BUMD.

MPP Habaring Hurung memberikan pelayanan terintegrasi dengan layanan lainnya, sehingga menjadi lebih murah, cepat, mudah, transparan, efektif, dan efisien, serta bermanfaat dan berdampak guna bagi masyarakat maupun pemerintah, menuju Kotim semakin mandiri, maju, dan sejahtera.

Saat ini MPP Habaring Hurung telah melayani 179 produk layanan dari 33 penyelenggara baik dari Kementerian,  lembaga, perangkat daerah tingkat provinsi maupun kabupaten, BUMN dan BUMD. 

Respons masyarakat terhadap MPP Habaring Hurung cukup antusias DPMPTSP mencatat selama tahun 2023 rata-rata kunjungan per hari MPP Habaring Hurung berkisar 250-300 orang, baik dalam pengurusan perizinan berusaha, non perizinan maupun pelayanan publik lainnya. 

Baca juga: Halikinnor tegaskan DAD Kotim wadah bersama memperjuangkan masyarakat

“Kondisi ini menunjukkan bahwa transformasi digital diperlukan dalam membangun sistem birokrasi. Hal itu tentu akan memberikan layanan pada masyarakat secara transparan, efisien, fleksibel, mudah, dan cepat sehingga dapat mewujudkan e-government yang efektif dan efisien,” tuturnya. 

Irawati menambahkan, MPP Habaring Hurung selain sebagai pusat pelayanan publik diharapkan dapat memberikan multiplier effect bagi kemajuan dari berbagai aspek mendasar, seperti kesehatan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. 

Keberadaan MPP Habaring Hurung juga diharapkan mampu meningkatkan investasi untuk mendukung percepatan proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, khususnya pelaku UMKM. 

Kepala DPMPTSP Kotim Diana Setiawan bersama jajaran berkomitmen untuk meningkatkan kinerja dan rencana program yang telah ditetapkan, terutama dalam pelayanan perizinan dan non perizinan kepada masyarakat. 

Prestasi yang telah diraih pada tahun 2023 tentu akan menjadi motivasi agar bisa lebih baik kedepannya. 

“Bicara soal, mempertahankan lebih susah daripada merebut, jadi kita harus tetap berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan capaian tersebut paling tidak mempertahankannya,” ujarnya. 

Dalam hal ini, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, karena yang menjadi penilaian dari pemerintah pusat adalah dari segi pelayanan. 

Dalam waktu dekat pihaknya juga akan mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan kerja sama dengan pihak PLN untuk menambah macam pelayanan di MPP Habaring Hurung. 

“Ini salah satu bentuk peningkatan pelayanan yang kami lakukan, supaya nanti untuk pembayaran listrik dan lainnya bisa dilaksanakan di MPP ini,” ucapnya. 

Diana juga meminta dukungan dan masukan dari semua pihak agar MPP Habaring Hurung semakin maju dan berkembang, serta dapat memberikan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat. 

Baca juga: Bupati Kotim: Tunggakan TPP, insentif nakes dan dana desa segera dilunasi

Baca juga: Gubernur dukung DAD Kotim perjuangkan kesejahteraan masyarakat

Baca juga: Pimpin HUT ke-71, gubernur doakan Kotim semakin maju dan bermartabat


Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024