Palangka Raya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah beserta Polres jajaran membantu cek kesehatan kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di provinsi setempat, pasca pencoblosan dan perhitungan di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Kamis, mengatakan tim Dokkes dari Polda Kalteng dan Polres jajaran mengecek kesehatan anggota KPPS agar saat melakukan rekapitulasi perhitungan surat suara ditingkat kecamatan dalam kondisi fit dan tidak ada gangguan kesehatan.

"Semoga dengan adanya pelayanan pengecekan kesehatan gratis tersebut, para anggota KPPS ketika melaksanakan rekapitulasi atau perhitungan surat suara benar-benar tidak ada gangguan apapun," katanya.

Dijelaskan Erlan Munaji, sampai saat ini tidak ada anggota KPPS dan personel Polri yang melaksanakan tugas pengamanan (PAM) di TPS mengalami sakit atau meninggal dunia.

Untuk mengantisipasi agar kondisi mereka tetap bugar dan sehat, pengecekan kesehatan secara gratis dari Dokkes Polda Kalteng dan Polres setempat dilaksanakan berkelanjutan.

Baca juga: Kawal Pemilu 2024, Gubernur Kalteng tinjau sejumlah TPS

"Ya untuk menguatkan daya tahan tubuh mereka, tim Dokkes juga memberikan vitamin terhadap anggota Polri dan KPPS yang telah dilakukan pemeriksaan kesehatannya," bebernya.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu juga menegaskan, pasca pencoblosan tidak ada laporan terkait gangguan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) maupun politik uang.

Apabila ada laporan terkait hal tersebut, tentunya akan ditindak tegas oleh tim gabungan melalui Sentra Gakkumdu di polres setempat.

"Sampai saat ini tidak ada gangguan kamtibmas yang menonjol. Bahkan semua personel juga kembali fokus melakukan pengamanan di kantor kecamatan, untuk menjaga kotak suara yang dikumpulkan di kecamatan di daerah setempat untuk dilakukan rekapitulasi," demikian Erlan Munaji.

Berdasarkan pantauan di Kota Palangka Raya, memang penghitungan di sejumlah TPS dilaksanakan dari siang hari hingga sampai dini hari. Namun semua proses penghitungan juga berjalan lancar tanpa ada hambatan terutama gangguan kamtibmas.

 Baca juga: Gubernur harapkan putra-putri terbaik Kalteng menjadi Menteri

Baca juga: Pemprov lengkapi pembangunan Bundaran Besar dengan RTH

Baca juga: Prabowo-Gibran menangi suara di TPS Lapas-Rutan di Kalteng

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024