Palangka Raya (ANTARA) - Sosok Agustin Teras Narang masih mendapat kepercayaan masyarakat sehingga mampu meraih suara tertinggi dalam Pemilu Legislatif 2024 untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia di daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Tengah.

"Pleno tingkat provinsi kita laksanakan selama tiga hari, mulai dari 3 hingga 5 Maret 2024 mendatang," kata Ketua KPU Kalteng, Sastriadi, saat membuka rapat pleno, Minggu.

Berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi tingkat provinsi, yang dilakukan KPU Kalteng di salah satu hotel di Palangka Raya, Teras Narang menempati posisi pertama. Petahana yang dua kali menjabat Gubernur Kalimantan Tengah itu meraih 366.226 suara.

Posisi kedua, ditempati oleh Habib Said Abdurrahman, dengan total perolehan suara sebanyak 169.599. Kemudian disusul oleh dr Erni Daryanti, dengan total perolehan suara sebanyak 168.413 dan posisi terakhir diisi oleh Siti Aseanti, dengan perolehan suara sebanyak 118.892.

Dengan begitu, kursi DPD RI dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah akan diduduki dua orang petahana yakni Agustin Teras Narang dan Habib Said Abdurrahman serta dua wajah baru yakni dr Erni Daryanti dan Siti Aseanti.

Baca juga: Dishanpang Kalteng prediksi harga beras melandai hadapi Ramadhan

Sementara itu perolehan suara berikutnya yaitu Amanto Surya Langka, hanya mendulang 89.825 suara. Bella Britani Bahat hanya meraih 111.310 suara. Sedangkan Habib Said Abi Nazar Al Habsyi, hanya mampu mendulang 113.685 suara.

Sementara mantan Wakil Bupati Seruyan, Iswanti Darwan Ali, hanya mampu mendulang 90.263 suara. Terakhir, mantan Bupati Murung Raya, Perdie M Yoseph mampu mendulang 102.613 suara.

"Dari data yang dihimpun, sebanyak 1.330.826 suara sah dan 214.501 suara yang tidak sah. Sementara total suara sah dan tidak sah mencapai 1.545.327 suara," ucapnya.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi tersebut, empat nama, yakni Agustin Teras Narang, Habib Said Abdurrahman, dr Erni Daryanti dan Siti Aseanti, dipastikan mewakili suara daerah Kalteng untuk DPD RI periode 2024-2029.

Lebih lanjut Sastriadi mengatakan, rekapitulasi penghitungan suara untuk DPR RI, hingga saat ini masih berlangsung. Proses rekapitulasi sebelumnya sempat diskors dan dilanjutkan pada Senin, di salah satu hotel di Palangka Raya.

"Kita berharap rapat ini bisa berjalan dengan cepat, lancar, aman dan nyaman," demikian Sastriadi.

Baca juga: GPM mampu intervensi komoditas penyumbang inflasi di Kalteng

Baca juga: Pemprov Kalteng jadikan aspirasi masyarakat referensi utama tentukan kebijakan

Baca juga: Pemprov Kalteng selenggarakan 'best practice' optimalkan LPj Pj kepala daerah

Pewarta : Rajib Rizali/Norjani
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024