Pangkalan Bun (ANTARA) -
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah berkomitmen dalam meningkatkan pembangunan insfratruktur khususnya jalan secara bertahap.
 
"Jalan yang menjadi kewenangan Kabupaten Kobar sepanjang 1.300 km, jalan tersebut baru ditangani sekitar 36 persennya saja. Ada peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya 27 persen," kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kobar Hasyim Muallim di Pangkalan Bun, Rabu.
 
Hasyim mengatakan, apabila ada permintaan dari pansus DPRD Kobar terkait peningkatan 40 persen dari APBD untuk peningkatan insfratruktur, hal tersebut sangat tidak memungkinkan, karena masih banyak sektor lain yang harus diperhatikan.
 
Dia menyampaikan, untuk pembangunan insfratruktur jalan dimulai dari desa ke kota, sehingga jalan penghubung antara desa dan kota terhubung dengan baik. Saat ini yang menjadi fokus pihaknya yaitu terhadap jalan-jalan yang merupakan sentral perekonomian masyarakat.
 
"Saat ini yang menjadi kebutuhan penting dan mendesak bagi masyarakat yaitu jalan penghubung antar desa, yang merupakan jalan penggerak roda perekonomian masyarakat secara luas," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Kobar kirimkan 173 orang ikuti FBIM 2024
 
Dia menyampaikan, kendati anggaran terbatas namun pembangunan insfratruktur merupakan salah satu prioritas utama dalam pengembangan pembangunan daerah.
 
"Oleh karena itu program dan kegiatan pembangunan infrastruktur jalan lebih diprioritaskan," tuturnya.
 
Lanjutnya, untuk mempercepat pembangunan insfratruktur di Kabupaten Kobar, pihaknya melibatkan pihak ketiga melalui program konsorsium.
 
"Dimana pihak ketiga ini melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility) membantu peningkatan infrastruktur," ucapnya.
 
Hasyim menjelaskan, program konsorsium ini merupakan sinergitas antara pemerintah daerah dengan pihak perusahaan, yang sama-sama punya tujuan meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.
 
"Untuk itu program konsorsium yang dimulai pada 2017 hingga kini masih dilaksanakan dan akan terus berlanjut," demikian Hasyim Muallim.

Baca juga: Pemkab Kobar siap mengikuti ajang Piala Adipura 2024

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar lantik 69 administrator dan pengawas

Baca juga: Pemkab Kobar komitmen berikan layanan terbaik kepada calon haji

Pewarta : Safitri RA
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024