Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Subandi mengajak sekaligus meminta kepada seluruh pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), agar dapat memanfaatkan event Palangka Fair sebagai sarana untuk mengenalkan produk unggulan masing-masing.

"Pasti akan banyak masyarakat yang datang untuk berkunjung di Palangka Fair seperti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) sebelumnya," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Dirinya menjelaskan, pelaku UMKM harus dapat menghasilkan produk-produk yang benar-benar bisa menarik perhatian pengunjung untuk membeli, baik itu kuliner, kerajinan tangan dan sebagainya.

Namun sebaliknya, jika pelaku UMKM hanya menyuguhkan produk yang sudah umum maka para pengunjung tentunya akan memilih pelaku UMKM yang sudah memiliki nama besar.

"Misalnya ada yang menjual risol mayo, semua menjual risol mayo. Tetapi kan pasti ada salah satu UMKM yang namanya besar sehingga masyarakat memilih UMKM itu karena terpercaya," ucapnya.

Untuk itu Subandi meminta pelaku UMKM agar dapat terus berinovasi dan lebih kreatif dalam menghasilkan suatu produk yang lebih menarik. Sebab dia meyakini Palangka Fair dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Kota Palangka Raya.

Baca juga: Atlet di Palangka Raya diminta berlatih maksimal hadapi PON XXI Aceh

"Kan yang datang tidak hanya dari Kota Palangka Raya saja, tetapi juga dari luar daerah yang memang ingin melihat apa saja yang menjadi khas Kota Cantik Palangka Raya," ujarnya.

Selain itu dirinya juga meminta kepada Pemerintah Kota Palangka Raya agar dapat memberikan fasilitas terbaik untuk para pelaku UMKM yang terlibat di Palangka Fair. Hal tersebut agar memaksimalkan pergerakan pelaku UMKM untuk menarik minat pengunjung agar dapat membeli beragam jenis produk lokal UMKM yang dijajakan di Palangka Fair.

"Saya yakin event-event seperti ini akan menjadi multi efek bagi berbagai aspek sehingga tidak hanya satu atau dua pihak saja yang untung, tetapi semua pihak untuk," demikian Subandi.

Baca juga: Camat dan lurah diminta gencar sosialisasi hak pilih kepada warga

Baca juga: BPJS tingkatkan peran Tim Kendali Mutu tingkatkan layanan program JKN

Baca juga: BMKG imbau warga waspada hujan disertai angin kencang di Kalteng

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024