Wujudkan daya saing kuat, sektor pertanian di Kalteng harus terus dikembangkan

id Komisi II DPRD Kalimantan Tengah, Wisman, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalimantan Tengah, Kalteng

Wujudkan daya saing kuat, sektor pertanian di Kalteng harus terus dikembangkan

Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah, Wisman. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah, Wisman mengharapkan pemerintah provinsi dapat terus melakukan pengembangan pada sektor pertanian sehingga dapat memiliki daya saing yang kuat

Konsep pengembangan sektor pertanian di provinsi ini mampu membawa perubahan besar untuk kemajuan pertanian dan perekonomian daerah, kata Wisman di Palangka Raya, Selasa.

"Selain meningkatkan daya saing, juga mampu mencukupi kebutuhan dalam daerah terkhusus untuk produk pangan," tambahnya.

Legislator Kalteng itu juga mengingatkan dan meminta kepada pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, memerhatikan berbagai aspek yang berkaitan dengan infrastruktur serta sarana dan prasarana pendukung di pertanian. Di mana bantuan alat pertanian dan mesin pertanian sebisa mungkin diperbanyak lagi supaya dapat mengolah dan membuka lahan pertanian tanpa membakar.

"Demikian pula untuk bantuan bibit dan pupuk harus diberi secara rutin supaya pengembangannya terus berjalan. Tetapi harus terus juga diawasi oleh pemerintah," ucapnya.

Politikus Partai Golkar ini menyebutkan, aspirasi masyarakat di bidang pertanian ini terbilang cukup besar, hal tersebut menandakan bahwa sektor ini menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat yang perlu mendapat perhatian pemerintah.

Untuk itu wajar bagi masyarakat yang berprofesi sebagai petani terus menyuarakan adanya campur tangan dari pemerintah, mengingat para petani juga perlu sarana agar mata pencaharian berkembang baik.

"Tinggal bagaimana pemerintah menyusun program untuk mengembangkan para petani di Kalimantan Tengah. Saya rasa pertanian kita ini sangat sukses," ujarnya.

Baca juga: Waket DPRD Kalteng: Masyarakat harus terus diingatkan kejahatan siber

Adanya aspirasi tersebut menandakan bahwasanya masyarakat sangat giat di sektor pertanian, oleh sebab itu pemerintah harus mendukungnya.

Terlebih pula pemerintah juga menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu prioritas pembangunan serta Kalimantan Tengah dalam beberapa waktu ke depan akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Diharapkan pemerintah bisa melihat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Pemerintah ingin pertanian berkembang pesat, maka perlu juga memerhatikan hal kecil seperti ini," demikian Wisman.

Baca juga: Suasana kondusif penting bagi terciptanya pilkada berkualitas, kata Legislator Kalteng

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng ajak pemuda tetap memiliki semangat membangun daerah

Baca juga: Pemerintah diminta tetap fokus kembangkan sektor pertanian Kalteng