Waket DPRD Kalteng: Masyarakat harus terus diingatkan kejahatan siber

id Wakil Ketua III DPRD Kalimantan Tengah, Faridawaty Darland Atjeh, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalimantan Tengah

Waket DPRD Kalteng: Masyarakat harus terus diingatkan kejahatan siber

Wakil Ketua III DPRD Kalimantan Tengah Faridawaty Darland Atjeh. ANTARA/HO-Dokumentasi Faridawaty.

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua III DPRD Kalimantan Tengah Faridawaty Darland Atjeh menyatakan bahwa masyarakat di provinsi ini, harus terus diingatkan pentingnya menjaga data diri di tengah pesatnya kemajuan teknologi dan informasi seperti sekarang ini.

Peringatan tersebut agar masyarakat di provinsi ini lebih waspada dan tidak menjadi korban kejahatan siber atau dunia maya yang sampai saat ini masih terus terjadi, kata Faridawaty di Palangka Raya, Rabu.

"Kalau terus-menerus diingatkan, masyarakat senantiasa waspada dan meningkatkan kehati-hatiannya ketika menggunakan teknologi," ucapnya.

Dikatakan, kejahatan siber adalah suatu tindakan kejahatan yang berkaitan dengan komputer maupun perangkat jaringan. Biasanya kejahatan ini dilakukan secara online atau daring, dan dapat menargetkan siapa saja. Seseorang yang menjadi korban kehajatan siber dapat mengakibatkan banyak merugikan, bahkan berpengaruh pada kondisi mental hingga finansial.

Farida mengatakan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tentunya membawa dampak positif namun juga dapat menimbulkan dampak negatif atau tantangan baru, terutama terkait keamanan data dan privasi.

"Itulah kenapa kesadaran masyarakat terhadap potensi ancaman kejahatan Siber seperti penipuan online, pencurian data pribadi, perdagangan orang, dan serangan malware, harus terus ditingkatkan," ujarnya.

Menurut wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu, dalam upaya melindungi masyarakat dari ancaman kejahatan siber, maka pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, melalui instansi terkait, agar dapat meningkatkan edukasi dan sosialisasi mengenai keamanan siber.

"Pemerintah juga harus selalu memberikan edukasi dan informasi ke pada masyarakat terkait kejahatan siber tersebut, sehingga masyarakat bisa meminimalisir tidak kejahatan tersebut," kata Faridawaty.

Baca juga: Suasana kondusif penting bagi terciptanya pilkada berkualitas, kata Legislator Kalteng

Ketua Partai Nasdem Kalteng itu, dengan memberikan pemahaman melalui edukasi serta sosialisasi yang baik dan berkesinambungan, masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan serta terhindar dari berbagai bentuk kejahatan di dunia Siber.

"Kami berharap, di tengah perkembangan zaman digitalisasi seperti sekarang ini, kesadaran masyarakat terhadap keamanan Siber bisa semakin meningkat dan dapat mengurangi risiko kejahatan digital," demikian Faridawaty.

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng ajak pemuda tetap memiliki semangat membangun daerah

Baca juga: Pemerintah diminta tetap fokus kembangkan sektor pertanian Kalteng

Baca juga: DPRD Kalteng minta pengawasan terhadap penggunaan dana BOS lebih diperketat