Pangkalan Bun (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Rody Iskandar menegaskan bahwa pihaknya terus berupaya dalam memajukan dan mengembangkan sektor pariwisata di wilayah setempat.

Langkah dalam mengembangkan sektor pariwisata adalah memprioritaskan sarana dan prasarana terhadap 17 desa yang telah ditetapkan sebagai desa wisata, kata Rody di Pangkalan Bun, Kamis.

"Adapun 17 desa yang jadi prioritas kami itu tersebar di delapan kecamatan dan memiliki karakter masing-masing," ucapnya.

Bahkan, lanjut dia, Beberapa desa telah mendapatkan Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), salah satunya desa wisata pasir panjang yang berhasil meraih juara harapan di tahun 2023.

"Desa wisata merupakan aset berharga yang dapat memberikan dampak bagi perekonomian, budaya dan lingkungan untuk komunitas lokal dan pengunjung. Kemajuan dan peningkatan Desa Wisata pun dapat menjadi penggerak ekonomi masyarakat," tambahnya.

Selain meningkatkan sarana dan prasarana desa wisata, Pemkab Kobar juga memberikan perhatian terhadap sumber daya manusia (SDM) di wilayah setempat. Sebab, bagi pemkab Kobar, peningkatan dan pengembangan SDM sangat dalam menunjang semakin optimalnya desa wisata.

Baca juga: Distan Kobar temukan 16 ekor sapi terinfeksi cacing hati

Roby mengatakan bahwa belum lama ini melalui Dinas Pariwisata Kobar melaksanakan pelatihan pengelolaan desa wisata. Di mana pelatihan itu diikuti 40 orang yang tergabung dari pengelola desa wisata dan perwakilan pokdarwis se-Kabupaten Kobar.

"Kami berharap melalui pelatihan tersebut dapat membekali pengelola desa wisata dalam meningkatkan kinerja dan komitmen bersama untuk memajukan sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Kobar," demikian Roby.

Baca juga: Pemkab Kobar telah serahkan 128 ekor sapi kepada masyarakat di Idul Adha 2024

Baca juga: Pj Bupati Kobar tekankan pentingnya peran Satpol PP sebagai penegak perda

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar apresiasi pelayanan adminduk jemput bola ke sekolah

Pewarta : Safitri RA
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024