Kuala Kapuas (ANTARA) - Tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Tengah datang ke Desa Terusan Mulya, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, untuk melakukan penilaian lapangan perlombaan desa tingkat provinsi tahun 2024, Jumat.

“Kami dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas, hari ini mendampingi Tim penilai dari Provinsi Kalteng, lomba desa/kelurahan tingkat provinsi di Desa Terusan Mulya,” kata Kadis PMD Kapuas, Budi Kurniawan di sela kegiatan.

Desa Terusan Mulya merupakan pemenang lomba desa tingkat kabupaten setempat tahun 2024. Untuk itu desa tersebut kemudian diikutsertakan kembali mengikuti ke tingkat provinsi.

Beberapa aspek yang dinilai antara lain, pemerintahan desa, pelayanan desa, sarana prasarana pendukung, pemberdayaan masyarakat, termasuk juga dukungan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur serta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Ini menjadi bagian penilaian oleh pemerintah provinsi atau Tim Penilai lomba desa. Kami berharap, dari penilaian ini akan menjadi pedoman evaluasi bagi kami pemerintah daerah setempat untuk memotivasi desa-desa yang ada di daerah agar dapat bekerja lebih maksimal,” katanya.

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas beri motivasi guru selalu bersemangat bekerja

Kemudian, sambungnya, bisa membangun lebih baik kesejahteraan masyarakatnya.

“Kita tidak menargetkan harus juara, paling tidak dari hasil evaluasi itu adalah bahan kita untuk melakukan perbaikan-perbaikan lagi kedepannya, sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan maupun pelayanan kepada masyarakat di desa menjadi lebih baik lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan, Pengelolaan, Sumber Daya Alam, Kawasan Perdesaan dan Ketahanan Masyarakat Dinas PMD Provinsi Kalteng, Fathudin Noor, menerangkan, bahwa untuk lomba desa/kelurahan ini merupakan suatu agenda rutin yang dilaksanakan untuk melakukan pembinaan desa-desa dan kelurahan.

“Hasil yang kita dapatkan di lapangan, akan kita kompilasi lagi untuk dilakukan penilaian di tingkat provinsi. Nanti apabila ada nilai yang sudah terbaik ditingkat dari keseluruhan, akan menjadi juara provinsi bisa mewakili provinsi di tingkat nasional,” terangnya.

Fathudin menambahkan, pihaknya melakukan penilaian sebagus mungkin, secara detail, kemudian langsung melakukan pembinaan apa-apa saja yang harus dilengkapi oleh desa atau kelurahan.

“Kami luar biasa melakukan penilaian di Desa Terusan Mulya, Kecamatan Bataguh ini, karena potensi alamnya bagus dan kita harapkan dengan adanya lomba desa ini, desa inipun akan semakin lebih memajukan tingkat perekonomiannya,” demikian Fathudin Noor.

Baca juga: Desa Terusan Mulya juara I lomba desa tingkat Kabupaten Kapuas

Baca juga: Pj Bupati Kapuas salurkan bantuan kebakaran di Desa Saka Tamiang

Baca juga: Disarpustaka Kapuas perkuat sinergi bersama Disperpusip Kalteng dan Disarpustaka Pulpis


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024