Kuala Kapuas (ANTARA) - Desa Terusan Mulya, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, berhasil meraih juara pertama lomba desa tingkat kabupaten setempat tahun 2024.

“Tropi dan piagam penghargaan pemenang lomba desa sudah kami serahkan kemarin berbarengan dengan pengukuhan kepala desa,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, melalui Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat Desa, Syaiful Fadjri di Kuala Kapuas, Kamis.

Untuk juara dua yaitu Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai, dan juara tiga yaitu Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat.

Lomba desa ini dilaksanakan pada Mei hingga Juni 2024. Peserta terbaik pertama akan diikutsertakan dalam lomba selanjutnya ke tingkat Provinsi Kalteng.

“Untuk tingkat provinsi, besok Jumat (21/6/2024) dilakukan penilaian lapangan oleh tim penilai dari provinsi. Ini mengikuti kategori regional,” katanya.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas salurkan bantuan kebakaran di Desa Saka Tamiang

Sedangkan untuk Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai sendiri, nantinya akan mewakili kabupaten setempat, dengan kategori kewilayahan.

Untuk penilaian lomba desa sendiri, kata dia, ada beberapa indikator penilaian dan juga daftar indikator penilaian yang disampaikan oleh panitia tingkat provinsi, di antaranya adalah kategori bidang kemasyarakatan, pembangunan dan pemberdayaan.

“Di antaranya juga ada mengenai pendidikan, kesehatan dan juga administrasi, dan ada juga tambahannya mengenai inovasi. Kebetulan untuk Desa Terusan Mulya Kecamatan Bataguh ini, dari segi keaktifan, penilaiannya dilakukan untuk dua tahun ke belakang yaitu tahun 2022 dan 2023,” terangnya.

Melalui kegiatan lomba desa ini, pihaknya berharap Desa Terusan Mulya, dapat menampilkan yang terbaik, sehingga membawa nama harum desanya sendiri dan pada khususnya kabupaten setempat.

“Harapan kami DPMD Kabupaten Kapuas, desa ini bisa menampilkan sebaik-baiknya, mudah-mudahan mendapatkan hasil yang terbaik bisa mewakili provinsi di tingkat nasional,” demikian Syaiful Fadjri.

Baca juga: Disarpustaka Kapuas perkuat sinergi bersama Disperpusip Kalteng dan Disarpustaka Pulpis

Baca juga: Sebanyak 171 Kades di Kapuas di kukuhkan perpanjangan masa jabatan

Baca juga: Gubernur Kalteng restui Alfian Mawardi untuk maju Pilkada Kapuas 2024


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024