Puruk Cahu (ANTARA) - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Murung Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan studi banding ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dilaksanakan sejak tanggal 22 – 27 Juni 2024.

Ketua ICMI Murung Raya, Lukmanul Hakim saat dihubungi dari Puruk Cahu, Selasa, mengatakan bahwa tujuan dari dari kegiatan studi banding tersebut tidak lain untuk memperkuat jaringan dan mengambil nilai positif dari tempat yang dikunjungi sehingga bisa memperkuat peran ICMI di Murung Raya kedepannya.

"Kemi berkunjung ke beberapa tempat, diantaranya ke Masjid Jogokariyan, Graha Suara Muhammadiyah dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)," tambahnya, 

Dikatakan, terpilihnya Masjid Jogokariyan sebagai sebagai tempat kaji banding mengingat bahwa masjid itu selama ini memiliki reputasi skala nasional dan bahkan, banyak jamaah dari luar negeri yang menimba ilmu bagaimana mengelola masjid dari para pengelola Masjid Jogokariyan.

Lukmanul mengatakan bahwa dda beberapa poin penting dari penjelasan salah satu takmir masjid yang diterima pihaknya, yakni Masjid di mana pun berada, wajib memberikan kemaslahatan untuk masyarakat di sekitarnya.

Baca juga: Legislator Mura ingatkan aset daerah harus tetap terjaga dengan baik

"Kemudian pemberdayaan ekonomi umat melalui masjid, takmir masjid adalah pelayan umat yang semua beberapa poin tersebut telah diterapkan oleh Masjid Jogokariyan," ucapnya.

Di Graha Suara Muhammadiyah, Lukman menyampaikan kedepan atau setelah kegiatan studi banding itu diharapkan adanya kolaborasi sebagai ajang bertukar ide dan pengalaman serta memperkuat jaringan antara ICMI dan Suara Muhammadiyah. Hal ini karena Suara Muhammadiyah terbuka untuk kolaborasi dakwah di daerah 3T, yakni terdepan, terluar dan tertinggal.

"Mengingat banyak pegiat dakwah kita di Murung Raya yang berjuang dengan medan yang sangat sulit dan keterbatasan akses. Kami berharap kolaborasi ini bisa dijadikan langkah awal yang menginspirasi," ucapnya.

Sementara untuk lokasi kunjungan di UMY, Lukman berharap nantinya ICMI Murung Raya dapat bekerjasama khususnya bagi jajaran ICMI Murung Raya dapat melanjutkan pendidikan Strata 2 (S2) di UMY.

Baca juga: DPRD Mura dukung DKOP berasama organisasi kepemudaan kembangkan usaha kreatif

Baca juga: Junjung tinggi nilai toleransi, Heriyus salurkan tiga ekor hewan qurban

Baca juga: Disdukcapil Murung Raya diminta tingkatkan kualitas pelayanan
 

Pewarta : Supriadi
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024