Pemprov Kalteng harap ICMI jadi wadah pengembangan diri masyarakat

id Pemprov kalteng, sekda kalteng nuryakin, icmi, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia, umat islam, kepemimpinan islam, kalt

Pemprov Kalteng harap ICMI jadi wadah pengembangan diri masyarakat

Sekda Kalteng Nuryakin. (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengharapkan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mampu menjadi sarana bagi masyarakat, khususnya umat Islam, dalam pengembangan diri dengan konsepsi yang strategis.

"Kami harap ICMI dapat menjadi wadah dalam mengembangkan diri melalui pemikiran dan konsepsi yang strategis," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Nuryakin di Palangka Raya, Minggu.

Tentunya, kata dia, hal itu dilakukan dengan tetap mengedepankan kultur akademik dan kearifan lokal berbasis agama serta dengan bingkai progresivitas kaum muda muslim Indonesia, secara khusus Kalteng. 

Untuk itu Pemprov Kalteng mengapresiasi pelaksanaan Ramadhan Leadership Camp ICMI Kalteng yang mengambil tema "Bulan Ramadhan sebagai momentum untuk menggali potensi diri dalam balutan iman dan takwa untuk melahirkan kader pemimpin muslim-muslimah yang tangguh."

"Kami harapkan kegiatan ini menjadi awal dan langkah strategis guna meneguhkan kembali khittah (garis besar perjuangan) ICMI yang mengusung ke-Indonesiaan dan ke-Islaman berbasiskan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Nuryakin.

Baca juga: Gubernur Kalteng bersilaturahim dengan pengurus ICMI

Dia mengatakan ICMI Kalreng diharapkan mampu berperan menjadi pendorong, motivator, dan fasilitator, sehingga umat Islam dan masyarakat mampu berproses sebagai masyarakat madani yang maju dan berkualitas.

Menurutnya, kehadiran ICMI menandakan pemerintah maupun negara mengakui peran dan pengaruh kaum intelektual Islam di Tanah Air. 

"Sebagai upaya menumbuhkan semangat kepemimpinan bagi umat Islam di Kalteng, kegiatan Ramadan Leadership ini kami harap berkontribusi memberi kemanfaatan dan kemaslahatan bagi masyarakat. Sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin, Islam sangat menaruh perhatian dalam aspek kepemimpinan,” ucap Sekda.

Sementara itu Ketua ICMI Kalteng Kaspinor mengatakan keberadaan ICMI memiliki peran penting dan strategis dalam kehidupan masyarakat muslim atau umat Islam di Kalteng. 

"ICMI dapat menjadi penghubung atau jembatan antara tuntutan ajaran agama dengan realitas sosial kehidupan masyarakat Kalteng dan kehidupan berbangsa dan bernegara," tuturnya.

Baca juga: Warga Kalampangan antusias membeli beras subsidi Pemprov Kalteng

Baca juga: Pemprov Kalteng minta Karang Taruna bantu wujudkan kesejahteraan sosial