Pemprov Kalteng minta Karang Taruna bantu wujudkan kesejahteraan sosial

id Pemprov kalteng, karang taruna kalteng, penyelenggaraan kesejahteraan sosial, permasalahan sosial, kalteng, kalimantan t

Pemprov Kalteng minta Karang Taruna bantu wujudkan kesejahteraan sosial

Pengukuhan dan pelantikan pengurus Karang Taruna Kalimantan Tengah periode 2023-2028 di Palangka Raya, Jumat, (31/3/2023). ANTARA/Muhammad Arif Hidayat

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah meminta kader Karang Taruna turut berpartisipasi dalam mewujudkan penyelenggaraan kesejahteraan sosial secara menyeluruh, terpadu dan berkelanjutan.

Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) termasuk di dalamnya Karang Taruna merupakan potensi dan kemampuan dalam masyarakat baik manusiawi, sosial dan alami, yang dapat digali dan didayagunakan, kata Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin di Palangka Raya, Jumat.

"Karang Taruna kami harapkan dapat turut menangani maupun mencegah timbul dan berkembangnya permasalahan kesejahteraan sosial dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya di sela pengukuhan dan pelantikan pengurus Karang Taruna Kalimantan Tengah periode 2023-2028.

Menurutnya, kesejahteraan sosial merupakan masalah multi dimensi menyangkut ragam hal, di antaranya pemenuhan kebutuhan material, spiritual hingga sosial. Maka untuk menanganinya perlu keterpaduan serta sinergi.

Karang Taruna menjadi ujung tombak dalam penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), meliputi kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, korban bencana, korban tindakan kekerasan, eksploitasi serta diskriminasi.

Baca juga: Pemprov Kalteng kirimkan tim dan bantuan untuk banjir di Kapuas

Oleh karenanya Karang Taruna diharap mampu memberikan dukungan dan kontribusi nyata kepada masyarakat di Kalimantan Tengah, terutama PPKS.

"Untuk itu, sebagai ujung tombak kesejahteraan masyarakat, juga harus menjaga kekompakan dan berkoordinasi," terangnya.

Lebih lanjut Sekda Kalteng ini pun mengingatkan Karang Taruna dalam pelaksanaan tugasnya, memiliki fungsi mencegah timbulnya masalah kesejahteraan sosial khususnya pada generasi muda.

Kemudian menyelenggarakan kesejahteraan sosial seperti rehabilitasi sosial, perlindungan sosial, jaminan sosial, dan pemberdayaan sosial, meningkatkan usaha ekonomi produktif, menumbuhkan, memperkuat dan memelihara kearifan lokal, serta lainnya.

"Kami mengharapkan Karang Taruna bisa turut mengembangkan kreativitas anak bangsa dalam memberdayakan diri dan lingkungannya. Menggugah rasa gotong royong, toleransi, dan harmoni," ujar Nuryakin.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kalimantan Tengah periode 2023-2028 Chandra Ardinata mengatakan, Karang Taruna merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda mengembangkan diri atas dasar dan tanggung jawab sosial yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial.

"Kami memiliki visi berhimpun dalam satu frekuensi untuk kejayaan Karang Taruna, dan misi yang meliputi kaderisasi, konsolidasi, partisipasi serta kemitraan," tuturnya.

Baca juga: Dishanpang Kalteng: Ketahanan stok minyak goreng capai 12 minggu