Pemprov Kalteng kirimkan tim dan bantuan untuk banjir di Kapuas

id Pemprov kalteng, tim pendahuluan banjir, banjir kapuas, pujon, bantuan pemerintah provinsi, bpbd kalteng, kalteng, kalimantan tengah

Pemprov Kalteng kirimkan tim dan bantuan untuk banjir di Kapuas

Pemprov Kalteng menurunkan tim dan mendistribusikan bantuan untuk penanganan banjir di Kabupaten Kapuas, Kamis-Jumat, (30-31/3/2023). (ANTARA/HO-Pemprov Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah mengirimkan tim pendahulu untuk membantu penanganan bencana banjir di wilayah Kabupaten Kapuas.

"Saat ini tim pendahulu dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk penanganan darurat banjir di Pujon, Kabupaten Kapuas, telah sampai di lokasi banjir pada Kamis kemarin," kata Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin di Palangka Raya, Jumat.

Nuryakin menjelaskan, sebanyak enam orang personel membawa perahu karet dan logistik awal sebanyak 50 paket untuk dukungan kegiatan dapur umum di sana.

Baca juga: Dishanpang Kalteng: Ketahanan stok minyak goreng capai 12 minggu

Kemudian pada hari ini, pihaknya juga telah berkoordinasi bersama jajaran Polda Kalimantan Tengah untuk pendistribusian dukungan logistik kepada masyarakat terdampak banjir.

"Tahap lanjutan telah dibawa ke lokasi banjir sebanyak 500 paket sembako yang berisi lima kilogram beras, dua bungkus biskuit dan dua kaleng susu. Distribusi kepada masyarakat dilaksanakan bersama Polda Kalimantan Tengah dan jajaran didukung perangkat pemerintahan setempat," jelasnya.

Lebih lanjut Nuryakin memaparkan, tim evakuasi tetap bersiap atau standby di posko untuk memberikan layanan pertolongan pencarian dan evakuasi, serta kebutuhan masyarakat lainnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kapuas telah menetapkan status tanggap darurat bencana dari sebelumnya siaga menyikapi perkembangan kondisi banjir di Kecamatan Kapuas Tengah.

"Untuk status dari siaga ditingkatkan menjadi status tanggap darurat," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga di Kuala Kapuas.

Peningkatan status tanggap darurat tersebut, lanjutnya, berdasarkan hasil keputusan rapat bersama organisasi perangkat daerah (OPD) yang telah dilaksanakan.

Berdasarkan data Pusdalops PB-BPBD kabupaten setempat, tujuh desa terdampak banjir yaitu Marapit, Tapen, Kota Baru, Pujon, Bajuh, Penda Muntei, dan Kayu Bulan dengan tinggi muka air (TMA) mulai dari 30 centimeter sampai dengan 200 centimeter.

Baca juga: Pemprov Kalteng siapkan agenda strategis sukseskan Gernas BBI-BBWI

Baca juga: Dishub Kalteng dorong adanya penerbangan ekstra hadapi mudik Lebaran 2023

Baca juga: Kementan: Ketersediaan bapok di Kalteng aman hadapi HBKN