Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, kembali mengadakan pelatihan berbasis komputerisasi operator komputer muda untuk meningkatkan sumber daya manusia para pemuda dan pemudi atau kaum milenial di daerah ini.

"Peningkatakan SDM ini sangat penting bagi para tenaga kerja, wirausaha, pelaku koperasi dan UMKM di Barito Utara," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Barito Utara 
M Mastur di Muara Teweh, Rabu.

Menurut dia, semua ini dalam upaya peningkatan kompetensi dan produktivitas tenaga kerja agar profesional, berdaya guna dan mampu bersaing memasuki dunia usaha atau di dunia kerja.

Melihat peserta pelatihan ini, katanya, didominasi para anak muda atau kaum milenial. Pemuda merupakan  generasi milenial yang diharapkan mampu dengan cepat dan tepat beradaptasi dengan perkembangan dan pertumbuhan teknologi dan informasi di era sekarang ini. 

"Generasi milenial mempunyai lebih banyak keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya,” kata Mastur.

Dia mengajak kaum milenial di daerah ini, agar terus tingkatkan kompetensi pengetahuan, wawasan dan keterampilan dengan demikian diharapkan dapat cepat dan mudah mendapatkan dan menciptakan pekerjaan, yang tentunya akan berdampak kepada peningkatan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan pokok ekonomi keluarga dan penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di Barito Utara.         

"Ini selaras dengan apa yang selalu menjadi penekanan Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis, bahwa dalam upaya percepatan pembangunan kualitas SDM, termasuk tenaga kerja, diharapkan adanya sinergi dan kolaborasi dengan pihak swasta yang ada wilayah setempat," katanya.

Mastur mengatakan, pelatihan operator komputer muda ini, katanya, diikuti 32 orang peserta yang dibagi dalam dua kelas. Dalam satu kelas diisi 16 orang peserta. Peserta berasal dari Kecamatan Teweh Tengah, Teweh baru, Teweh Selatan, Lahei, Montallat dan Kecamatan Gunung Timang.

Kepada para peserta pelatihan untuk tidak hanya berhenti sampai selesainya pelatihan ini saja, tetapi harus selalu terus berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan keterampilan atau skillnya secara profesional dan kompetitif di segala bidang, selaras dengan perkembangan yang begitu cepat pada saat ini.

“Kepada instruktur atau supervisor saya harapkan sampaikan materi pelatihan dengan mudah dan cepat dimengerti atau dipahami, sehingga dapat diaplikasikan oleh para peserta,” kata Mastur.

Kepala UPTD BLK Barito Utara Dinas Nakertranskop UKM setempat Akurnadi mengatakan pelatihan dilaksanakan selama 33 hari mulai 25 Juni hingga 8 Agustus 2024 tiap hari kerja, Sabtu dan Minggu serta tanggal merah para peserta libur.

Dirinya mengharapkan untuk output kegiatan ini adalah operator komputer muda dapat mengoperasikan komputer berupa ketikan Word, Exel dan Power Poin dalam bentuk buku yang dijilid. 

"Diharapkan kepada para peserta pelatihan agar sungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini,” kata Akurnadi.

Pewarta : Kasriadi
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024