Pangkalan Bun (ANTARA) -
Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah menyerahkan sejumlah alat bantuan pengolahan ikan kepada Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Barokah Desa Sungai Bakau.
 
"Penyerahan alat bantuan tersebut bertujuan untuk  meningkatkan kuantitas produk perikanan, serta hasil tangkapan menjadi produk yang mempunyai nilai tambah," kata pejabat fungsional yang membidangi pada DPKP Kobar Taufik di Pangkalan Bun, Selasa.
 
Taufik mengatakan, secara nasional usaha pengolahan hasil perikanan skala kecil di Indonesia, merupakan bagian yang tak kalah penting di sektor perikanan dalam mengangkat perekonomian pelaku usaha perikanan. 
 
"Banyak langkah yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan taraf perekonomian pelaku usaha perikanan, salah satunya penyerahan alat bantu pengolahan ikan tersebut," ucapnya.
 
Dia menyebutkan, yang diserahkan pihaknya yaitu wajan baja 10 buah, blender penggiling ikan 6 buah, kompor gas 100 mata 10 buah, hand impulse sealer 10 buah dan panci besar 10 buah.
 
Taufik menyampaikan, DPKP Kobar bersama penyuluh perikanan sebagai pendamping secara terus menerus memberi pendampingan kepada pelaku usaha.

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar minta kontingen Pesparawi jaga kekompakan
 
"Hal itu agar hasil olahan dapat terus meningkat dan bertambah baik secara kuantitas produksi maupun kualitas yang mampu berdaya saing di pasaran," disampaikannya.
 
Dia menambahkan, adanya bantuan alat tersebut dapat menambah motivasi Poklahsar Barokah Desa Sungai Bakau meningkatkan produktivitas usahanya.
 
"Sehingga, dengan itu mampu mendorong dan menciptakan produk olahan hasil perikanan yang berdaya saing," demikian Taufik.

Baca juga: OJK tingkatkan akses layanan jasa keuangan Desa Lalang melalui EKI

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar tegaskan tidak ada tes calistung dalam PPDB SD

Baca juga: Pj Bupati Kobar sebut penguatan industri kuliner dukung kemajuan sektor pariwisata

Pewarta : Safitri RA
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024