Puruk Cahu (ANTARA) -
Anggota DPRD Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah Rumiadi menilai bantuan alat pemadam kebakaran dapat menjadi solusi permasalahan kebakaran, baik kebakaran hutan dan lahan maupun di permukiman.
 
“Karena khususnya di daerah pemilihan saya yang meliputi Kecamatan Laung Tuhup, Barito Tuhup Raya dan Tanah Siang, jika terjadi kebakaran petugas pemadam perlu waktu lebih lama mencapai titik kebakaran lantaran jarak yang cukup jauh,” kata Rumiadi di Puruk Cahu, Rabu.
 
Oleh karenanya dengan alat bantuan pemadam kebakaran, masyarakat bisa melakukan pemadaman mandiri sembari menunggu armada dari pemerintah datang.
 
Dia juga menilai dengan program bantuan ini dapat mengefektifkan waktu pemadaman yang dilakukan, sehingga api tidak cepat membesar karena sudah ditangani terlebih dahulu oleh warga.
 
“Tentunya perlu tindak lanjut lagi setelah memberikan bantuan pemadam kebakaran, yaitu dengan memberikan pelatihan kepada warga yang bersedia menjadi relawan pemadam kebakaran,” ucapnya.
 
Hal itu lanjutnya, bisa ditindaklanjuti oleh pemerintah di tingkat desa agar membentuk relawan pemadam kebakaran dan memberikan pelatihan atau penyuluhan tata cara penanggulangan kebakaran.
 
“Mengingat pentingnya alat pemadam kebakaran ini bahkan menjadi usulan di beberapa desa saat kami melakukan reses, kami harap mendapat perhatian dari pemerintah agar dapat direalisasikan,” tegasnya.
 
Rumiadi juga mengingatkan perubahan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, juga menjadi penyebab bahaya kebakaran bisa datang sewaktu-waktu, baik di lahan kosong atau permukiman, dan tentu kesigapan warga sekitar serta didukung dengan peralatan memadai menjadi hal yang perlu dipenuhi.

Pewarta : Supriadi
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024